Peringati Hari Anak Nasional, Pangdam Pattimura Apresiasi Rumah Belajar

Ambon, Fajarmanado.com – Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli dirayakan dengan cara yang berbeda- beda. Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin mengapresiasi berdirinya Rumah/walang Belajar di desa Kanike dan Huaulu di Seram Utara, Maluku.

Diwakili Danrem 151/ Binaiya, Brigjen TNI Arnold A.P Ritiauw yang meninjau rumah belajar di Wahai pada Sabtu (24/7/2021), Pangdam Jeffry menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Dandim 1502/Masohi, Letkol Inf Sang Ngurah Wikrama W, S.I.Kom, M.Tr. (Han) dan Danramil 1502-05/ Wahai, Kapten Inf Safarudin Latuamuri yang berinisiatif membuat Rumah/walang Belajar di Desa Kanike dan Hualulu.

Rumah Belajar ini, katanya, menjadi sarana pendukung untuk mencerdaskan anak-anak di sekitar desa tersebut, anak-anak Indonesia.

Semangat Danramil dan Babinsa disambut dukungan masyarakat yang rindu anak-anak mereka jadi pintar, kemudian bahu-membahu hingga berdirinya rumah belajar tersebut.

Rumah atau Walang Belajar ini juga sebagai solusi dari terhambatnya salah satu program belajar “Klassku” yang dicanangkan Pangdam beberapa waktu lalu. Penerapan program belajar online “Klassku” tidak dapat optimal karena keterbatasan akses internet di wilayah Seram Utara dan sebagian besar wilayah lain di Maluku dan Maluku Utara.

Kedepannya, Pangdam Jeffry berharap agar rumah belajar ini dapat diikuti dan menjadi role model bagi Kodim lainnya di wilayah Kodam XVI/Pattimura, minimal tiap tiap Koramil mempunyai satu rumah belajar.

Pada kesempatan kunjungan Danrem tersebut, Bupati Maluku Tengah, Raja Negeri Adat Hualulu, Raja Negeri Kanike, Raja Negeri Roho serta masyarakat ketiga desa tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada Pangdam atas bantuan pembangunan rumah belajar.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya rumah belajar ini, yang sangat membantu anak- anak kami dalam belajar nanti”, ujar seorang warga.

Selain itu, anak- anak juga mendapat fasilitas dan kelengkapan belajar berupa bantuan buku- buku untuk belajar dan alat tulis.

Penulis: Katie Mailoa