oleh

Di Forum Penguatan Komitmen Pimpinan, Tetty Beber Program PPA di Minsel

Jakarta, Fajarmanado.com – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) mengumpulkan semua kepala daerah dan wakil kepala daerah perempuan di Jakarta, awal pekan ini.

Selang dua hari, Senin dan Selasa (26-27/2018), hari ini para pimpinan perempuan di tanah air itu mengukuti Forum Penguatan Komitmen Pemimpin Perempuan dalam pembangunan perempuan dan anak. Tujuannya, tak lain untuk menuju Planet 50:50 Gender Equality Tahun 2030.

Menteri PPA, Prof Yohana Susana Yambise dalam sambutan mengigatkan peran perempuan sangat penting dan kesetaraan gender.

Kesetaraan gender, lanjut dia, haruslah diterapkan di daerah masing-masing. Untuk lebih memaksimalkannya, dukungan dari kebijakan-kebijakan pemerintah daerah harus ada.

“Peran perempuan itu sangat penting, dan kesetaraan gender haruslah diterapkan didaerah masing-masing, dan kebijakan-kebijakan pemerintah daerah yang ada akan lebih memaksimalkan peran perempuan,” kata Yohana Yambise.

Sementara itu Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Dr Christiany Eugenia Paruntu, SE, pada kesempatan itu membeber berbagai program-program yang dilaksanakan di Kabupaten Minsel terkait dengan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Bupati Tetty Paruntu, sapaan akrabnya, setidaknya menjelaskan secara gamblang empat program PPA yang telah dan sementara dilaksanakan. Yakni,

1. Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A)
2. Forum Anak Daerah (FAD)
3. Program Partsisipasi Masyarakat Peduli Perempuan dan Anak (Forum Puspa)
4. Posko pengaduan dan informasi kasus kekerasaan perempuan dan anak ditiap kecamatan.

Menurut Bupati Tetty Paruntu, program-program yang dijalankan tersebut dimaksudkan untuk menunjang dan terwujudnya program kerja jangka menengah dari Presiden Joko Widodo yaitu agenda Nawacita, dalam hal upaya tercapainya pembangunan yang berkeadilan gender.

“Program-program yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan terkait Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, adalah upaya dari kita dalam mengupayakan terwujudnya Program Nawacita dari Presiden Joko Widodo, mengenai kesetaraan gender,” jelas Tetty Paruntu.

Terpantau Ikut bersama Bupati Tetty Paruntu dalam forum tersebut,Kepala Dinas PP,PA dan KB Kabupate Minsel Audy Emor, dan staf humas Pemkab Minsel.

Penulis: Ismail Arjuna

News Feed