oleh

Lagi, PSDKP Bitung Tangkap Pamboat Filipina

Bitung, Fajarmanado.com-Lagi dua kapal ikan jenis Pamboat asal Filipina yang melakukan penangkapan ikan di wilayah perairang Indonesia ditangkap jajaran Pangkalan Pengasawan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Wilayah Timur di yang berpangkal di Bitung.

Kepala PSDKP Bitung Sumono Darwinto, melalui Kasie Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran, Salman Mokoginta mengatakan, dua kapal itu ditangkap beberapa waktu lalu di Wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) di Laut Sulawesi.

Saat melakukan patroli rutin, Kapal Macan Tutul 01 dan Macan Tutul 06 mecurigai dua kapal berbendera Merah Putih. Ketika didekati ternyata ke dua kapal tersebut berawak warga Filipina. KM Rifka dengan awal 13 orang dan KM Camar 01 dengan delapan awak, akhirnya diamankan petugas.

Dari pemeriksaan terungkap bahwa pemilik ke dua kapal tersebut adalah warga Davao, Filipina. Kapal dimanfaatkan untuk menangkap ikan Tuna di perairan Indonesia. “Jenis pelanggaran lainnya kami masih selidiki,” ujar Mokoginta.

Namun demikian, dia mengungkapkan bahwa petugas menemukan sejumlah barang bukti. “Ikan Tuna di atas palka dan sejumlah ID Card yang digunakan dikeluarkan oleh otoritas Filipina.”ujarnya. “Mereka hanya menggunakan bendera Merah Putih untuk mengelabui petugas,” sambungnya.

(jak)

News Feed