oleh

Panitia Diganti, Pilhut Desa Pakuure 4 Oktober

Tenga, Fajarmanado.com – Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) Desa Pakuure Kecamatan Pakuure Tenga tidak berhasil digelar bersama 48 desa lainnya pada pesta demokrasi Pilhut serentak di Kabupaten Minahasa Selatan akhir Agustus lalu.

“Sesuai keputusan, nanti akan digelar 4 Oktober mendatang,” kata Kepala BPMPD Minsel, Drs Benny Lumingkewas kepada Fajarmanado.com, Senin (12/9)

Menurut Lumingkewas, penundaan Pilhut Desa Pakuure sudah ditetapkan melalui SK Bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE.

Kepala Bidang Pemerintahan Masyarakat Desa Altin Sualang, SSTP MSi, mengatakan,  seharusnya Pilhut 49 desa di Minsel digelar serentak tanggal 31 Agustus 2016.

‘’Hanya saja, khusus Desa Pakuure terjadi masalah kecil. Untuk menghindari masalah berkepanjangan, maka terpaksa dilakukan penundaan. Namun demikian, penundaan  tersebut sudah disepakati melalui SK Bupati dan akan dilaksanakan tanggal 4 Oktober 2016 nanti,’’jelas Sualang.

Dia mengakui penundaan dilakukan karena ada kesalahan dari panitia Pilhut Desa Pakuure itu sendiri. “Makanya, mereka terpaksa harus diganti, sebagaimana rekomendasi ibu bupati menindaklanjuti permintaan pengurus BPD setempat,” ungkapnya.

Pergantian panitia, lanjut dia, dilakukan  agar supaya proses demokrasi di Desa Pakuure berjalan dengan baik. “Jadi ini bagian dari upaya untuk menciptakan pesta demokrasi yang baik di desa,” sambungnya.

Sualang mengharapkan pelaksanaan Pilhut Desa Pakuure yang tertunda ini dapat berjalan dengan baik sehingga menghasilkan figur hukum tua yang benar-benar dipilih berdasarkan hati nurani masyarakat wajib pilih setempat sehingga bisa dilantik bersama dengan 48 hukum tua terpilih lainnya pada Oktober mendatang.

(andries)

News Feed