oleh

Rp20 M untuk Tata Daerah Kumuh di Minsel

Amurang, fajarmanado.com — Ini bukti kepiawaian lobi Bupati Christianty Egeunia Paruntu (CEP). Dana hibar sebesar Rp20 miliar kembali dipastikan digelontorkan pemerintah pusat  di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) khusus untuk penanganan pemukiman kumuh.

Kepala Bappeda Minsel, Meidi Maindoka, mengatakan, dana hibah tersebut merupakan bantuan pendanaan Program Nasional Penanganan Pemukiman Kumuh Nasional (PNPPKN) 2015-2019 sebagai wujud kolaburasi penanganan perumahan kumuh untuk mewujudkan  keterpaduan antar sektor pembangunan.

“Pemerintah Pusat hanya menjadi pendamping bagi pemerintah daerah, dalam hal pelaksanaan program. Namun Program yang ada di pusat harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kesiapan daerah,” tutur Maindoka, Rabu (18/11/2015) di Amurang.

Dikatakan, dana tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat bagi masyarakat yang ada di perkotaan. Di daerah ini  ada lima kelurahan yang jadi prioritas program ini, yaitu, Kelurahan Ranoiapo dan Uwuran Satu, Kecamatan Amurang, Kelurahan Ranomea dan Pondang, Kecamatan Amurang Timur dan Desa Tumpaan Satu, Kecamatan Tumpaan,’’ ujarnya.

Namun, Maindokan belum bisa merinci apa saja kegiatan yang akan dilakukan di tiga kecamatan tersebut. Kita akan lihat  apa saja yang akan dibangun sesuai dengan  kondisi wilayah masing-masing. Yang pasti, bagaimana kawasan tersebut tidak akan tampak terlihat kumu lagi nantinya,” kata Maindoka.

(andries pattyranie)

News Feed