oleh

Maleke: 2016, Minsel Bakal Miliki Grand Disign Pariwisata

AMURANG, FAJARMANADO.com — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Selatan kini sementara menyusun grand dising atau Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (RIPPDA). Draft RIPPDA sudah dimasukan ke Prolegda DPRD untuk dibahas awal tahun 2016.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten (Kadisparbud) Minahasa Selatan, Drs Sony H Maleke mengatakan, RIPPDA sangat penting sekali untuk mendapatkan  dasar hukum sehingga menjadi payung hukum bagi pengusaha atau perorangan untuk mengembangkan dan mengelola pariwisata di daerah ini.

Pengajuan RIPPDA, katanya, sebenarnya sudah pernah disampaikan tapi belum juga ditanggapi  DPRD setempat. “Saya berharap, usulan kali ini akan mendapat respon. Bila sudah menjadi Perda maka akan menjadi paying hukum penataan, pengelolaan dan promosi pariwisata daerah,” katanya.
Minsel sesungguhnya cukup kaya dengan potensi wisata. Perhatian pemerintah daerah yang masih minim menjadi kendala utama untuk memajukan dunia pariwisatanya sendiri. “Ini karena belum ada paying hukum bagi pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan mengalokasikan dana pembangunan, pemeliharaan dan pengelolaannya untuk mendapatkan PAD,” imbuh Maleke.

Karena itu, dia berharap DPRD dapat bersikap koorporatif dalam menyikapi usulan RIPPDa tersebut. ‘’Karena RIPPDA memang sangat diperlukan. Kalau sudah ada akan leluasa kita membangun, menata dan mengelola objek wisata di daerah ini,” ujar Maleke lagi.

(andries pattyranie)

News Feed