oleh

Cegah Miras, Polda Polda Efektifkan Lagi Brenti Jo Bagate

MANADO, FAJARMANADO.com—Program Polda Sulut “Brenti Jo Bagate” yang telah berjalan sejak tahun 2011, kembali dilaunching atau diefektifkan lagi  oleh Kapolda Sulut, Brigjen Pol. Wilmar Marpaung di Halaman Mapolda, Jalan Bethesda Manado, Selasa (10/112015).

Kapolda dalam sambutannya mengatakan, tujuan digaungkannya kembali program ini adalah untuk menjawab keinginan dan harapan masyarakat agar Polda Sulut dan jajaran dapat mencegah secara dini kriminalitas seperti tawuran antarkelompok, kejahatan jalanan dan kejahatan konvensional lainnya, yang awalnya dipicu oleh konsumsi miras.

Menurut Marpaung, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas)t sebagai penjuru pada launching program ini, akan menggandeng seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait untuk bersama-sama mensukseskan program Brenti Jo Bagate dengan pola tindakan pre-emtif, preventif dan represif.

Pre-emtif, jelas Kapolda, dilakukan dengan sosialisasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun melalui brosur, spanduk dan media lainnya tentang bahaya mengkonsumsi miras.

Sedangkan preventif bersifat potensial, mencegah peluang dan kesempatan dengan mengatur distribusi dan tempat penjualan melalui Perda tentang miras juga dengan menggiatkan patroli pada daerah atau lokasi rawan miras.

“Dan tindakan represif, Polda Sulut dan jajaran akan menangkap serta menindak para pelaku yang mengkonsumsi miras di tempat-tempat umum dan mengganggu ketertiban umum,” tegas Marpaung.

Secara internal, Kapolda menghimbau seluruh Anggota Polri  dan jajaran untuk ikut mensukseskan program Brenti Jo Bagate sesuai fungsi dan peran masing-masing ,baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. “Mari kita sama-sama bangun komitmen moral untuk mensukseskan program Brenti Jo Bagate ini,”  ujarnya.

Pada kesempatan ini, Kapolda juga mengajak seluruh elemen masyarakat, pemerintah, TNI, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh pemuda, mahasiswa, pelajar serta pihak terkait lainnya, untuk mensukseskan program ini. “Mari kita ciptakan Sulut sehat, aman dan nyaman tanpa miras,” pungkas Kapolda.

Acara yang dirangkaikan dengan pelaksanaan upacara Hari Pahlawan ini, ditandai dengan pembacaan Ikrar Brenti Jo Bagate oleh tiga orang perwakilan, diikuti seluruh peserta yang terdiri dari Anggota Polri dan PNS Polda Sulut; Sat Pol PP, Satpam, Pelajar dan Gerakan Pramuka serta perwakilan unsur masyarakat dan organisasi kemasyarakatan.

 Launching diakhiri dengan pemusnahan miras secara simbolis oleh Forkopimda yang h di antaranya, Penjabat Gubernur Sulut DR. Soni Sumarsono, MDM, bersama Kajati Sulut, Kepala Pengadilan Tinggi Sulut, Danrem 131/Santiago, Kabinda Sulut, perwakilan Danlanudsri Manado, perwakilan Danlantamal VIII Manado, Kepala BNP Sulut, dan pejabat lainnya. (corr)

News Feed