oleh

Musim Hujan, Dandim Martino: Waspadai Banjir

MANADO, FAJARMANADO.com—Pergantian musim dari kemarau ke musim hujar mesti diwaspadai bersama. Komandan Kodim 1309 Manado, Letkol Kav Dino Martino, warga Kota Manado dan sekitarnya harus mewaspadai kemungkinan bencana tanah longsor dan banjir bandang, sebagaimana yang terjadi Januari 2014.

Seiring dengan imbauan tersebut, jajaran Kodim 1309 Manado senantiasa terus mensiagakan personilnya untuk ikutserta melakukan langkah prefentif dan kuratif. ‘’Kami memang sudah mempersiapak diri untuk melakukan tindakan jika bencana alam sertadi sewaktu-waktu,” kataMartino kepada MANADO, FAJARMANADO.com  di Manado, Senin (911/2015).

Langkah antisipasi yang dilakukan selama ini, kata dia, pihaknya terus mengingatkan kepada jajaran Koramil untuk senantiasa mengingatkan kepada masyarakat tentang kemungkinan ancaman bencana alam memasuki musim hujan. Jajaran TNI AD terus siaga menghadapi setiap terjadi ancaman bencana alam.  “Seperti halnya bencana kebakaran, terutama kebakaran hutan yang terjadi di sepanjang musim kemarau, kami menurunkan personil. Begitu pula jika terjadi kembali banjir, kami siap ikut berperan aktif,’’ ujarnya.

Langkah antisipasi yang telah dan akan terus dilakukan jajaran Kodim 1309 Manado memasuki musim hijan sekaran ini, adalah melaksanakan karya bhakti, seperti membersikan selokan. “Disetiap kesempatan kita selalu sampaikan kepada setiap masyarakat untuk tetap siaga dalam menghadapi musim penghujan, karena kita ketahui di Kota Manado, terdapat sejumlah wilayah yang rawan banjir. Itu kami lakukan bekerjasama dengan masyarakat serta instansi terkait,” ungka Martino. “Kerja bakti turin kami laksanakan setiap hari Jumat,’’ tambahnya. (corr)

News Feed