Jelang Pemutakhiran Data, KPU Minut Ajak Jurnalis Sosialisasikan Rekrutmen Pantarlih

Dimembe,Fajarmanado.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara mengajak jurnalis untuk ambil bagian dalam menyukseskan tahapan penyelenggaraan Pilkada agar tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat. Hal ini disampaikan ketua KPU Minut Hendra Lumanauw saat menggelar media gathering sosialisasi pembentukan pantarlih pemilih kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2024, di Cassa Bennedata Dimembe, Jumat (14/6).

Hendra Lumanauw mengatakan, saat ini KPU sedang melakukan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), yang diharapkan peran media untuk mensosialisasikan tahapan ini guna mendorong animo masyarakat agar ikut ambil bagian dalam penyelenggaraan Pilkada dengan menjadi Pantarlih.

“Peran media sangat penting dan strategis dalam menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi, untuk itu kami harapkan teman – teman jurnalis aktif dalam menyampaikan informasi mulai proses tahapan, hingga pemungutan suara mendatang agar masyarakat tereduksi sehingga partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih meningkat.”kata Lumanauw.

Sementara kepala divisi perencanaan data dan informasi Irene Buyung dalam pemaparannya menjelaskan tentang pentingnya pencocokan dan penelitian data untauk mengakomodir suara masyarakat melalui data pemilih yang nantinya akan dilakukan oleh Pantarlih dari rumah ke rumah. Melalui pemberitaan di media massa diharapkan dapat memberikan dalam pemutakhiran data pemilih ini sehingga tidak ada satupun masyarakat yang tidak tercatat dalam daftar pemilih, terutama pemilih pemula dan pindah domisili yang sudah memenuhi syarat untuk menggunakan hak pilih.

“Media diundang agar jurnalis bisa ikut menyampaikan atau mensosialisasikan tahapan Pilkada terutama pencocokan dan penelitian data pemilih ini, sehingga masyarakat bisa memberikan data yang benar dan akurat.”kata Buyung.

Sementara Kepala divisi Parmas dan SDM Risky Pogaga menyampaikan, saat ini KPU sedang melakukan rekrutmen Pantarlih Pilkada 2024 yang pendafatarannya dimulai tanggal 13 sampai 19 Juni melalui PPS yang tersebar di 125 desa dan 6 Kelurahan. Pantarlih yang nantinya terpilih diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional sehingga di Pilkada ini seluruh warga wajib pilih terakomodir dalam DPT.

“Kesuksesan penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada salah satunya partispasi masyarakat, kita bersyukur dalam Pemilu waktu lalu capaian kita bisa melampaui target nasional. Di Pilkada November mendatang kami berharap, melalui media kesadaran masyarakat akan meningkat dalam menggunakan hak suara karena 1 suara sangat menentukan nasib daerah ini 5 tahun kedepan.

Acara yang dikemas dalam bentuk media gathering ini bertujuan untuk menambah keakraban antara KPU dan insan pers di Minahasa Utara sekaligus wadah shering terkait kerja – kerja jurnalis disaat momentum politik dengan manghadirkan ketua AJI Manado dan jurnalis senior sekaligus ketua IJTI Sulut Amanda Komaling. (Joel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *