oleh

Pemdes Lumpias Gelar Musdes Pembahasan RKP Desa Tahun 2023

Dimembe,Fajarmanado.com – Pemerintah desa Lumpias Kecamatan Dimembe bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) Tahun Anggaran 2023, Bertempat di balai desa Lumpias, Senin (25/7).

Pelaksanaan Musdes RKP-Desa mengacu pada Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan Desa dan Permendes PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. Musdes RKP-Desa bertujuan menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Lumpias untuk tahun anggaran 2023 yang akan datang. Musyawarah RKP desa ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa,

Dalam sambutannya, hukum tua desa Lumpias Konietje J. Pongajow, Amd.keb, mengatakan pembahasan RKP Desa ini sangat penting dan strategis dalam menentukan kebijakan anggaran serta arah pembangunan tahun 2023 mendatang. Untuk itu pihaknya berharap tim penyusun RKP Desa dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan baik demi kemajuan desa Lumpias.

“Tim penyusunan RKP Desa harus mencermati skala prioritas usulan rencana kegiatan pembangunan Desa sebagaimana tercantum dalam dokumen RPJM Desa. Hasil pencermatan nantinya akan menjadi dasar bagi tim penyusun dalam menyusun rancangan RKP Desa tahun 2023.”terang Pongajow.

Musdes tersebut menyepakati pembentukan tim penyusun RKP-Desa yang melibatkan unsur pemerintah desa, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Disamping pembentukan tim penyusun dan membahas RKP Desa, pemerintah desa juga mengagendakan untuk membahas permasalah stunting di desa Lumpias dengan tajuk Rembuk Stunting.

Musdes tersebut dihadiri oleh BPD perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda desa Lumpias.(Joel)