oleh

Pendataan IDM Berbasis SDGs di Desa Kulu Capai 80 Persen

Wori,Fajarmanado.com – Proses Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Oleh Kelompok Kerja (Pokja) Relawan Pendataan Desa Tahun 2021 di desa Kulu Kecamatan Wori hingga saat ini sudah mencapai 80 persen.

Ketua relawan Pokja desa Kulu, Melva Cindy Bogar menuturkan pemutakhiran data berbasis  SDGs adalah pemutakhiran data indeks desa membangun yang lebih detil dan lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak terkait kondisi riil masyarakat. Pemutakhiran data SDGs Desa 2021 menurutnya sebagai proses perbaikan dan pendalaman data pada level keluarga dan warga.

“Untuk Proses Pemutakhiran IDM Berbasis SDGs saat ini sedang berlangsung di desa Kulu yang hingga saat ini pendataannya sudah mencapai 80 persen. Kami sedang menjalankan pendataan dari rumah ke rumah untuk menyukseskan pendataan IDM tersebut,” kata Melva Bogar, Selasa (27/4).

Ia menjelaskan, proses pendataan dilaksanakan “door to door” dengan mengambil data mentah melalui format aplikasi SDGs untuk kemudian data mentahnya dipindahkan secara keseluruhan melalui Aplikasi SDGs.

Sementara hukum tua desa Kulu, Permenas Gorlete mengatakan guna menyukseskan pendataan tahun 2021 ini, pihak pemerintah mengharapkan adanya kerjasama yang baik dari seluruh masyarakat desa Kulu agar dapat menerima tim pendata di rumah dan memberi data yang akurat, data yang otentik sesuai dengan Fakta yang ada demi kelancaraan proses pemutakhiran data IDM.

“Kami sangat berharap adanya kerjasama yang baik antara masyrakat dengan tim pendata dalam memberikan informasi yang benar dan akurat.”kata Gorlete

Ia juga menghimbau kepada tim pendata agar bekerja secara sungguh – sungguh dalam mengambil data berdasarkan realita di lapangan serta bekerja secara profesional dan Disiplin aturan.(Joel)

News Feed