oleh

Pemdes Tanggari Gelar Pembekalan Pokja Relawan SDGs dan IDM

Airmadidi,Fajarmanado.com – Dalam rangka pemutakhiran dan up dating data SDGs Desa berbasis pada Indeks Desa Membangun (IDM) ke dalam sistem informasi desa (SID) yang dikembangkan oleh kementerian Desa PDTT, pemerintah desa Tanggari melaksanakan pembekalan Pokja relawan untuk pendataan SDGs desa dan peningkatan kwalitas Indeks Desa Membangun (IDM).

Pembekalan dan Pelatihan yang dibuka langsung oleh Penjabat Hukum tua desa Tanggari Elia Novani Sumlang ini dilaksanakan di balai desa Tanggari, Senin (26/4). Dalam sambutannya Sumlang menyampaikan SDGs Desa merupakan model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021.

“SDGs Desa adalah upaya terpadu dalam mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa dengan ekonomi tumbuh merata ,Desa peduli kesehatan, Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, “ ujar Sumlang.

Ia berharap Pokja Relawan Pendataan mampu mengaplikasikan materi pendataan dilapangan sesuai tugas yang diemban masing-masing peserta dengan melakukan pendataan langsung kesemua rumah warga yang ada di Desa agar data yang diperoleh dapat disajikan sesuai harapan dan bermanfaat sesuai Harapan.

Penunjukan kelompok kerja relawan pendataan desa yang diketuai Sekretaris desa Januar Jefersoan Pangemanan ini, merujuk pada peraturan menteri desa PDTT No. 21 Tahun 2020 tentang POKJA relawan pendataan desa yang telah diterbitkan Surat Keputusanya.

Ketua Pokja Januar Jefersoan Pangemanan mengatakan, pendataan kegiatan pemutakhiran data SDGs desa ini dimaksudkan sebagai sumber data dan informasi dasar dalam menentukan kebijakan pembangunan desa.

“Pendataan ini dimaksudkan untuk melihat kondisi perkembangan kemandirian desa dan ketepatan intervensi kebijakan pemerintah terkait pembangunan desa yang dilakukan pemerintah yang melibatkan peran aktif masyarakat desa.”kata Pangemanan.

Pangemanan menjelaskan, pendataan dan survei yang akan dilakukan oleh tim pokja mencakup survei atau pendataan pada level desa, pendataan pada level rukun tetangga (RT) atau Dusun, pendataan pada level warga atau Individu dan pendataan pada level keluarga.(Joel)

News Feed