oleh

Cegah Penyebaran Covid, Pemdes Kulu Bagikan Ribuan Hand Sanitizer dan Penyemprotan Desinfektan Dirumah Warga

Wori,Fajarmanado.com – Dalam rangka pencegahan penyebaran covid 19, pemerintah desa Kulu kecamatan Wori membagikan 1130 Hand Sanitizer dan melakukan penyemprotan desinfektan diseluruh rumah warga.

Hukum tua desa Kulu Permanes Golete menuturkan, pembagian hand sanitizer kepada seluruh warga dan penyemprotan desinfektan merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah desa dalam rangka pencegahan penyebaran covid 19 di desa Kulu. Anggaran untuk pengadaan hand sanitizer dan desinfektan tersebut menurutnya bersumber dari dana desa yang dialokasikan 8 persen dari tota dana desa.

“Selain mengedukasi tentang bahaya virus covid 19, pemerintah desa juga selau mengingatkan masyarakat untuk selau mematuhi protokol kesehatan serta memberikan bantuan berupa hand sanitizer dan penyemprotan desinfektan di rumah – rumah warga. Ini salah satu upaya yang kami lakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid 19 di desa Kulu.”terang Gorlete yang didampingi sekretaris desa Meiva Bogar dan Bendagara Delfina Lahinda, Senin (26/4).

Ia menambahkan, untuk tahap awal ini pemerintah desa bersama BPD dan tokoh masyarakat bersepakat tidak membagikan masker karena sebagian besar masyarakat masih memiliki masker. Pada pembagian tahap dua nanti sekira bulan september mendatang,  pemerintah akan prioritaskan pada pemberian masker mengingat disetiap akhir tahun banyak terjadi kerumuman, terlebih menjelang natal.

“Yang pasti dana desa untuk penanganan covid, akan kami gunakan semaksima mungkin untuk membantu masyarakat dalam menghadapi virus corna yang saat ini sedang melanda dunia termasuk di Minahasa Utara.”pungkasnya.

Ia menambahkan, dalam pembagian hand sanitizer, pemerintah desa turut didampingi Babinsa, Babinkamtibmas dan BPD sementara untuk penyemprotan desinfektan melibatkan tokoh masyarakat Jusak Bogar yang merupakan mantan hukum tua definitif desa Kulu.  (Joel)

News Feed