oleh

THL Siluman Diloloskan, Janji Bupati Tindak Aktor Intelektual Ditagih

Airmadidi, Fajarmanado.com – Seleksi perekrutan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup pemerintahan kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) tecoreng dengan diloloskannya sejumlah nama yang diduga siluman karena tidak mengikuti tahapan seleksi.

Selain itu, hasil seleksi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama Tenaga Ahli Bupati (TAB) di setiap OPD berbeda dengan hasil yang diumumkan.

Hal ini dibenarkan oleh salah satu anggota TAB yang ikut melakukan seleksi di OPD bersama kepala OPD. Menurutnya, nama THL yang lolos berdasarkan hasil seleksi berkas, quiziz dan wawancara berbeda dengan daftar THL yang dirilis. Padahal THL yang diumumkan lolos seharusnya berdasarkan hasil seleksi TAB bersama kepala OPD yang dikumpulkan.

“Saya juga tidak tahu parameter apa yang digunakan sehingga hasil seleksi yang kami ajukan berbeda dengan rilis THLyang lolos. Yang pasti kami sudah menjalankan sesuai dengan amanah bupati untuk melakukan seleksi sesuai prosedur,” ungkap salah satu TAB yang meminta namanya tidak disebutkan.

Baca Juga :  Rizya Ganda – Davega Dikukuhkan Sebagai Bunda PAUD Kabupaten Minahasa Utara

Menanggapi hal ini, tokoh pemuda Minut, Marlond Pangemanan angkat bicara. Menurutnya, persoalan ini harus diseriusi Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lutulung. Hasil seleksi perekrutan THL harus dibuka pe bublik, ini sangat penting dalam mengungkap aktor yang bermain dibelakang layar untuk merusak citra pemerintahan JGKWL.

“Kami menduga ada aktor yang bemain dibelakang layar yang meloloskan THL siluman dan memaksakan THL yang nilainya rendah untuk diloloskan. Hal ini harus diresiusi karena dapat merusak citra Bupati dan Wakil  Bupati diawal pemerintahannya, serta membuat masyarakat pesimis dengan misi perubahan yang digaungkan JGKWL.”terang Pangemanan, Minggu (18/4/2021).

Pangemanan menuturkan, saat ini pihaknya mengantongi data THL yang tidak ikut seleksi namun namanya keluar dalam daftar THL yang dirilis.

Baca Juga :  Olah Cap Tikus Jadi Hand Sanitizer, Wanua Talawaan Jadi Percontohan Desa Sadar Miras

Tak hanya itu, ia juga mengantongi calon THL yang hasil tesnya berada dirangking bawah namun diloloskan. Sebaliknya, calon THL yang menempati rangking atas namanya raib dalam daftar.

“Jika memang pelaksanaan tes ini hanya formalitas, untuk apa seleksi dilaksanakan. Saya menduga rumor soal adanya sejumlah calon THL yang membayar kepada oknum TAB untuk diloloskan  benar adanya. Ini dibuktikan dengan tidak transparannya hasil seleksi serta adanya calon THL yang lolos tidak sesuai prosedur,” pungkasnya.

Ia menambahkan, Bupati Joune Ganda harus mempertimbangkan kembali hasil pelaskanaan seleksi yang dirilis karena tidak sesuai prosedur serta menindak oknum aktor intelektual yang meloloskan calon THL yang tidak memenuhi syarat. (Joel)

News Feed