oleh

Wujudkan Polri yang Presisi, Polda Maluku Latih Bhabinkamtibmas

Ambon, Fajarmanado.com – Dalam upaya mewujudkan program prioritas Kapolri Jenderal Pol. Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi, Polda Maluku menggelar pelatihan khusus bagi Bhabinkamtibmas, Kamis (25/2/2021).

Pelatihan bertajuk peningkatan kemampuan personil Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) tersebut, dihelat Direktorat Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polda Maluku di Manise Hotel, Kota Ambon.

Direktur Binmas Polda Maluku Kombes Pol Andy Ervyn, SIK, MH mengatakan, pelatihan dilaksanakan untuk membentuk Polri yang prediktif, responsibilitas, transparansi, dan berkeadilan atau disingkat Polri Presisi.

“Dinamika tugas-tugas ke depan adalah Polri yang Presisi merupakan program prioritas Kapolri,” katanya dalam sambutan pembukaan acara.

Setiap personil Bhabinkamtibmas, katq Ervyn, harus mampu melaksanakan tugas dengan menerapkan konsep Kapolri yang Presisi di lapangan.

Baca Juga :  Disaksikan Kapolda Refdi, Ratusan Personil Polda Maluku Ikut Vaksinasi Covid 19

“Kembangkan dan tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan pengabdian selaku insan bhayangkara Negara. Laksanakan tugas dan tanggung jawab kewenangan yang diberikan oleh Negara secara konsisten tegas dan humanis,” pintanya.

Sebagai personil Polri di garda terdepan dalam melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat, Bhabinkamtibmas juga diminta untuk bisa menampilkan keteladanan sebagai anggota yang senantiasa menjunjung tinggi hukum, etika, profesi, dan nilai-nilai moralitas. Keteladan itu harus terwujud dalam sikap, ucapan dan perilaku sehari-hari, baik di dalam maupun di luar.

“Selalu meningkatkan program prioritas Kapolri. Peran Bhabinkamtibmas agar lebih terus ditingkatkan. Tetap semangat, dan ikhlas dalam menjalankan tugas dan beban-beban yang diemban di lapangan,” tekannya.

Baca Juga :  Cari Bakat Baru, Widya Pratiwi Buka Turnamen Bola Voli Ina Latu Maluku Cup 2021

Ervyn juga berharap setiap personil selalu mengedepankan Protokol Kesehatan, dan meningkatkan deteksi dini.

“Setiap personil melaksanakan dan membuat laporan-laporan polisi kegiatan yang terjadi di lapangan,” ujarnya mengingatkan.

Perwira menengah dengan pangkat tiga melati di pundaknya ini juga menekankan agar setiap personil lebih melakukan pendekatan maupun kerjasama dengan masyarakat, tokoh agama, adat, pemuda dan sebagainya.

“Buatkan rencana-rencana kegiatan di mana situasi dan kondisi cuaca yang ekstrim saat ini agar dapat dipahami masyarakat,” ujarnya.

Pembukaan pelatihan yang ditandai pemasangan tanda peserta pelatihan tersebut, turut dihadiri Kasubdit Bhabinkamtibmas Polda Maluku Kompol Aziz Letahit.

Penulis: Katie Mailoa

 

News Feed