oleh

Latgab dengan Yonmarhanlan IX, Rescue Basarnas Ambon Berbagi Materi SAR

Ambon, Fajarmanado.com – Sebanyak 33 Prajurit Yonmarhanlan IX Ambon, Maluku mengikuti Latihan Gabungan (Latgab) Bersama Basarnas Ambon, Kamis (5/11/2020).

Latgab yang dilaksanakan bersama Yonmarhanlan IX Ambon berlangsung di Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon mulai pukul 09.30 WIT.

Latgab diawali dengan Materi Kelas MFR Bantuan Hidup Dasar dan Resusitasi Jantung Paru (BHD & RJP), High Angle Rescue Tecnik (HART), kemudian dilanjutan dengan Praktek Lapangan di medan sesungguhnya, tepatnya di perairan Batu Kapal Desa Liliboi.

Kakansar Ambon Djunaidi, SSos, MM, Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan IX Ambon Letkol Marinir Syahrial Isnadie berkesempatan menyaksikan langsung latihan praktek lapangan tersebut.

Baca Juga :  Balai BTKL PP Ambon Dapat Lab Covid 19 Bergerak, Begini Respon Pemprov Maluku

Kakansar Ambon Djunaidi mengatakan, untuk kegiatan kali ini dilaksanakan latihan bersama dengan TNI AL, khususnya Marinir bersama Basarnas.

“Tujuannya adalah mereview tentang materi-materi SAR yang sering kita aplikasikan di lapangan, di antara MFR dan HART dimana kegiatan ini adalah kegiatan internal kita Basarnas bersama TNI AL Marinir,” ujarnya.

Kegiatan ini, Djunaidi menegaskan sangat berguna bagi personil penyelamatan. “Dalam pengaplikasian di lapangan adalah harus tentunya mengikuti proseduritas untuk mendapatkan hasil dalam pencarian dan pertolongan yang maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Letkol Marinir Syahrial Isnadie menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel yang terlibat dalam latihan tersebut.

Baca Juga :  Polisi Serahkan Tiga Tersangka Kasus Dana Desa dan ADD ke Kejaksaan

“Ya kami ucapkan terima kasih kepada kepala Basarnas Provinsi Maluku, karena dengan kegiatan latgab bersama ini anggota Yonmar dapat pembekalan tentang penyelamatan korban dari tebing ataupun jurang,” tuturnya.

Kegiatan ini, kata Letkol Syarial, sangat bermanfaat sekali untuk anggota Yonmar. “Karna profesionalisme anggota tetap kita harus laksanakan, kita pupuk untuk perorangan maupun tim.Salah satunya, yaitu penanggulangan atau penyelamatan personel dari ketinggian maupun tebing,” ucapnya.

Rangkaian kegiatan latgab bersama tersebut terpantau berjalan lancar dan aman, dengan Zero Accident.

Penulis: Kate Mailoa

News Feed