Brimob Polda Maluku Turun Amankan RSUD Ambon dan Lokasi Karantina Pasien Covid 19

Ambon, Fajarmanado.com –Personil Satuan Brimob Polda Maluku dikerahkan turun melakukan pengamanan di RSUD dr. M. Haulussy Ambon dan sejumlah lokasi karantina pasien coronavirus disease atau Covid 19.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes Pol. M. Guntur, SIK, MH menjelaskan, pengamanan yang dilakukan anggota Brimob di RSUD dr. M. Hualussy dan lokasi-lokasi karantina pasien Covid 19 ini tak lain untuk memberikan rasa aman kepada para dokter dan tenaga medis, sekaligus untuk mencegah kemungkinan adanya gangguan kamtibmas.

“Kita melakukan pemantapan Harkamtibmas, yang mana saat ini sedang menghadapi masa pandemi Covid 19,” kata Dansat kombes M. Guntur kepada wartawan di Mako Brimob Maluku, Ambon, Rabu (28/10/2020)

Sementara itu, Komandan pengamanan di RSUD, Iptu F Patinasarani mengaku bahwa kegiatan pengamanan tersebut dilaksanakan sesuai dengan instruksi langsung dari Dansat Brimob Polda Maluku. Tak hanya di rumah sakit, pengamanan juga dilakukan di rumah singgah yang menangani pasien covid 19.

“Seperti yang sudah kita ketahui, adanya beberapa kejadian di wilayah lain tentang pasien covid 19 yang diambil paksa oleh pihak keluarga, maka dari itu kami dari Brimob Maluku melakukan pengamanan,” ungkap Pattinasarani.

Personel yang terlibat pengamanan ini, lanjutnya, telah diinstruksikan untuk mengedepankan upaya-upaya preventif dengan sikap yang humanis dalam pelaksanaan tugasnya.

Namun ia mengaku, apabila upaya-upaya tersebut tidak diindahkan, maka personil yang bertugas akan melakukan tindakan tegas dan terukur.

“Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tempat pelaksanaan pengamanan, saya perintahkan personel untuk segera melaporkan guna dilakukan tindakan-tindakan hukum yang sesuai dengan aturan,” tandasnya.

Wakil Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor, Ipda Muhamad CA Hukom SH
menambahkan, kegiatan pengamanan tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada tenaga medis, baik yang bekerja di rumah sakit maupun di lokasi karantina.

“Saya juga telah berpesan kepada setiap personel yang bertugas agar tetap memperhatikan keselamatan dirinya dan lakukan tugas sesuai dengan SOP serta menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari virus corona,” ujarnya.

Penulis: Kate Mailoa