oleh

Gerakan Sejuta Masker, TP PKK Salurkan Masker kepada Semua SMA di Tomohon dan Minahasa

Tomohon, Fajarmanado.com –Mensukseskan gerakan sejuta masker, Tim Penggerak PKK dan Dinas Pendidikan Daerah (Dikda)  Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyalurkan masker secara gratis kepada seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Cabang Dinas Minahasa Tomohon.

Penyaluran dilakukan secara simbolis oleh Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sulut Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan didampingi Wakil Ketua dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, di SMK Negeri Negeri 1 Tomohon, Selasa (22/9/2020)

Ketua TP-PKK Sulut dalam sambutannya yang diwakili langsung Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw Tanos menjelaskan maksud dari kegiatan ini sebagai bagian dari program nasional Presiden RI, Ir. Joko Widodo melalui Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian.

“Ya, tim penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara hadir disini bersama-sama dengan kita semua dengan adik-adik yang ada di SMA negeri 1 Tomohon adalah untuk meneruskan program nasional dari bapak Jokowi lewat gerakan satu juta masker,” katanya.

Menurut dr. Devi, pembagian masker kepada para siswa dan guru, tujuan utamanya adalah untuk memutus rantai penularan Covid 19 dilingkungan sekolah.

Baca Juga :  Dihadiri Wali Kota Eman, Polres Tomohon Gelar Gerakan Sejuta Masker di Pasar Wilken

“Jadi dengan menggunakan masker kita bisa menghindar dari tertular covid 19 dan juga kita menghindari menularkan kepada orang lain. Untuk penggunaan masker ini dia juga harus diperhatikan cara menggunakan masker yang baik dan benar serta wajib mencuci tangan dengan sabun pada air bersih yang mengalir.

Sementara itu, mewakili Pemerintah Kota Tomohon, Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan usai kegiatan menyatakan menyambut baik kegiatan yang diprakasai TP-PKK Sulut dalam kegiatan pembagian sejuta masker gratis kepada siswa dan guru.

“Saya menyambut baik akan kegiatan ini dalam mensukseskan program Pemerintah menjadikan masker untuk semua. Aksi pembagian gratis ini, kata SAS sapaan akrabnya,hal ini merupakan kegiatan positif dan sangat bermanfaat ditengah pandemi Covid 19.

Oleh karena itu, SAS memintakan agar dimanapun berada selalu gunakan masker, patuhi protokol kesehatan dan taati Prosedur Operasional Standar (POS) Pendidikan.

Ia berharap, lewat bantuan masker ini diharapkan dapat membantu generasi dan guru kita dimasa Pandemi Corona ini.

Baca Juga :  Berbaur Dalam Gerakan Sejuta Masker, RoSe Ajak Masyarakat Pakai Masker

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Dikda Sulut dr. Grace Punuh mengatakan bahwa penggunaan masker secara menyeluruh di sekolah sangat diharapkan. Sebab, masker menjadi salah satu kunci menangkal terjadinya peredaran Covid 19.

“Kita wajib menjadikan masker sebagai keharusan saat beraktifitas baik didalam dan diluar rumah. Hal ini juga bertujuan untuk memutus rantai penularan covid 19,” ujarnya.

Pihak Dinas Dikda Sulut, kata Punuh, mengapresiasi eksistensi Protokol Kesehatan di Satuan Pendidikan di Sulut.

Menurutnya, pihak sekolah sudah menyediakan fasilitas seperti tempat cuci tangan dan sabun.

“Sejauh ini saya melihat sudah sangat efektif fasilitas-fasilitas yang disediakan di sekolah-sekolah. Hal ini diperlukan pengawasan yang lebih baik lagi, sehingga semuanya berjalan dengan baik sesuai Protokoler Kesehatan dan Prosedur Operasional di Sekolah,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Anggota Dewan Propinsi Sulawesi Utara Dapil Minahasa Tomohon Vonny Paat, Wakil Pimpinan DPRD Tomohon Caroll Senduk bersama Ibu, Anggota Dekot Tomohon Jhon Runtuwene, Jajaran Dinas Pendidikan Sulut dan undangan lainnya.

Penulis: Jerry Michael

News Feed