oleh

Pemkot Tomohon Gelar Ibadah Syukur HUT RI ke 75 dan Umumkan Hasil Lomba

Tomohon, Fajarmanado.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar ibadah syukur HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 di Ruang Press Conference Pemkot Tomohon, Lantai 2 Gedung Mall Pelayanan Publik Wale Kabasaran, Selasa (18/8/2020).

Ibadah dipimpin oleh Khadim Pdt. Arthur Massie, MTh dengan mengambil Pembacaan Firman Allah dari Galatia 5 : 1 dan 13.

Wali Kota Jimmy Feidie Eman, SE.Ak, CA mengungkapkan bahwa 75 tahun sudah perjalanan yang telah dilalui bangsa Indonesia.

Capaian sukses mengiringi pembangunan dan kemajuan bangsa yang telah mengalami perubahan signifikan dari berbagai aspek sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan.

Torehan prestasi dalam perayaan hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun, menjadi cerminan dari kerinduan bersama dalam menikmati kehidupan harmonis yang berdampak langsung kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Jimmy Eman mengajak untuk merayakan hari kemerdekaan ini dengan penuh ungkapan syukur dan penghormatan kepada Tuhan, serta ungkapan terima kasih dan penghargaan kepada para pejuang dan pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Perjuangan dan pengorbanan nyawa mereka akan selalu kita kenang dan tidak akan pernah pudar dari ingatan bangsa ini.

“Marilah kita merayakan hari kemerdekaan ini dengan semangat patriotisme para pahlawan kita. Seperti menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Merawat kebhinekaan, mempertahankan NKRI dan jadilah penjaga Pancasila yang sejati serta patuhi Undang-undang Dasar 1945,” paparnya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekdakot Ir. Harold V. Lolowang, MSc.

Melalui ibadah ini, wali kota mengingatkan untuk direnungkan, apa yang telah kita berikan untuk bangsa dan tanah air ini, terlebih di tengah covid 19. Masih menjadi pergumulan bagi seluruh masyarakat di Indonesia dan dunia.

“Sehingga peringatan hari ulang tahun kali ini lebih banyak menitikberatkan pada aktivitas-aktivitas virtual. Penuh hikmat, sederhana, dengan kemeriahan yang tetap dan antusiasme masyarakat yang tinggi. Mengedepankan kedisiplinan dan kepedulian dalam mematuhi protokol kesehatan yang aman dari covid-19.

Karena itu, Jimmy Eman mengingatkan supaya teruslah berinovasi, tingkatkan kreatifitas dan kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai. Sehingga memiliki sumber daya manusia yang cepat tanggap, hebat dan cerdas.

Dikatakan, Indonesia maju adalah sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia. Karena makna kemerdekaan saat ini begitu luas artinya.

Kemerdekaan, lanjutnya, adalah kesempatan untuk bermimpi hingga menjadi kenyataan dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas.

“Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting untuk lebih maju, sejahtera dan dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri kita sebagai bagian dari bangsa indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, pandemi covid 19 juga telah mengubah cara dan kebiasaan kerja, terjadi transformasi digital dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Dengan cara-cara yang lebih efisien, efektif, transparan, dan akuntabel.

“Kita semua bersyukur atas penghargaan kota sehat yang di terima pemerintah Kota Tomohon,” katanya.

“Saya mengucapkan selamat kepada para ASN yang menerima penghargaan atas pengabdiannya selama 10, 20 dan 30 tahun,” katanya.

Wali kota mengungkapkan terima kasihnya kepada seluruh panitia perayaan HUT Proklamasi 17 Agustus 2020 di Kota Tomohon.

Selain itu,  Jimmy Eman mengungkapkan apresiasinya bagi ASN dan masyarakat yang telah mengikuti dan mendukung perayaan kemerdekaan Ri ke-75 tahun. “Sehingga memberikan kesan yang baik bagi seluruh elemen masyarakat yang terlibat,” sambungnya.

Usai ibadah, dilakukan penyerahan hasil lomba Eco Office antar SKPD dan lomba Kebersihan antar Kelurahan se-Kota Tomohon dalam rangka HUT RI ke 75 tahun 2020.

Hasil lengkapnya,  sebagai berikut:

A. LOMBA ECO OFFICE ANTAR SKPD;
1. TERBAIK I : DINAS TENAGA KERJA DAERAH KOTA TOMOHON
2. TERBAIK Il : SAT-POL PP DAERAH KOTA TOMOHON
3. TERBAIK III : DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DAERAH KOTA TOMOHON
4. TERBAIK IV : BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH KOTA TOMOHON
5. TERBAIK V : KANTOR KECAMATAN TOMOHON UTARA

B. LOMBA KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN ANTAR KELURAHAN;
1 . TERBAIK I : KELURAHAN LANSOT
2. TERBAIK I : KELURAHAN RURUKAN SATU
3. TERBAIK Il : KELURAHAN TUMATANGTANG
4. TERBAIK IV : KELURAHAN TARATARA DUA
5. TERBAIK V : KELURAHAN KAYAWU

Penulis: Jerry Michael

Editor : Herly Umbas

News Feed