oleh

Ketua DPRD Tomohon Memimpin Rapat Mendengar Pidato Kenegaraan Presiden Dalam Rangka HUT RI ke-75

Tomohon, Fajarmanado.com – Ketua Dewan Perwakilan Rekyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, SE memimpin Rapat Paripurna mendengarkan Pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam Rangka Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Jumat (14/8/2020).

Pidato kenegaraan Presiden Jokowi tersebut disampaikan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI.

Dalam memimpin sidang paripurna di Ruang Paripurna DPRD Kota Tomohon mulai pukul 10.00 Wita tersebut, Djemmy Sundah didampingi Wakil Ketua Caroll JA Senduk, SH dan Wakil Ketua Erens D. Kereh, AMKL bersama Sekretaris DPRD Fransiskus .F Lantang, SSTP.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD mengatakan bahwa moment peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 ini, diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi segenap warga negara untuk semakin meningkatkan rasa cinta kepada bangsa dan tanah air, dan untuk lebih meningkatkan daya juang dalam membangun bangsa dan negara serta semakin giat memperjuangkan dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Jika kita mengenang kembali perjuangan para pahlawan di tahun 1945, maka terlintas jelas di benak kita semangat para pahlawan yang bagaikan api yang tak kunjung padam begitu menyatu dengan hati dan jiwa para pejuang,” ujarnya.

Menurutnya, jiwa dan semangat 45 adalah jiwa dan semangat kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.

“Untuk itu kita wajib meningkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara dan menumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam mewujudkan cita-cita perjuangan kemerdekaan,” paparnya.

Usai mendengarkan Pidato Presiden Jokowi, Ketua DPRD Djemmy Sundah mengucapkan terima kasih kepada para hadirin yang telah hadir dalam paripurna ini.

Sidang paripurna berlanjut pada pukul 15.00 wita dengan mendengarkan Pidato Presiden Jokowi dalam rangka penyampaian pengantar/keterangan pemerintah Atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2021 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya.

Ia menjelaskan, pidato kenegaraan Presiden Jokowi kali ini merupakan salah satu dari serangkaian acara yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 ini.

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi memaparkan Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun anggaran 2021.

Menurutnya, RAPBN 2021, disusun di atas fondasi yang telah dicapai dan perkembangan faktual dari tahun anggaran sebelumnya.

Penyusunan RUU APBN merupakan wujud konkrit dari kerja bersama antara Pemerintah , DPR, dan DPD dimana pada proses pembicaraan pendahuluan dengan DPR dan DPD, pemerintah telah mendapatkan masukan-masukan yang konstruktif dari DPR. Dengan masukan-masukan itu, pemerintah dapat menyusun RUU APBN dan dapat disampaikan dalam sidang paripurna.

Hadir dalam rapat paripurna tersebut Wali Kota Jimmy F. Eman, SE.Ak,CA, para anggota DPRD Tomohon, Kapolres Tomohon AKBP Bambang Azhari Gatot SIK MH, Kajari Tomohon Immanuel Richendry Hot SH MH, mewakili Dandim 1302 Minahasa Kasdim 1302/Minahasa Mayor (Inf) Feky Welang, dan Sekretaris Daerah Ir. H.V. Lolowang, MSc serta jajaran Pemerintah akota Tomohon. (Advetorial)

News Feed