oleh

Hore..! 81 Keluarga Terima BLT Dana Desa Kanonang Tiga

Kawangkoan, Fajarmanado.com — Meski terlambat jam lebih, akhirnya 81 keluarga menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Kanonang Tiga, Kecamatan Kawangkoan, Minahasa, Senin (11/5/2020).

Penyerahan BLT Dana Desa untuk bulan April 2020 untuk keluarga terdampak pandemi virus corona atau Covid 19 ini, molor karena menunggu kedatangan pihak bank penyalur, BNI Cabang Kawangkoan. Ditunggu sejak pukul 10.00 Wita, dua pegawai bank BUMN ini baru tiba dan mulai menyalurkan pada pukul 13.30 Wita.

Penyaluran yang dipandu Sekretaris Desa (Sekdes) Sevenli Posumah berlangsung di bangsal kompleks Posko Covid 19 Desa Kanonang Tiga, disaksikan Camat Kawangkoan, Eightmi Yohanna Moniung, SH dan Hukum Tua (Kumtua) Vivi Lumintang dan pendamping desa, Conny Pantow.

Desa Kanonang Tiga yang memiliki 254 kepala keluarga (KK) tercatat miliki 153 KK penerima Bantuan Sosial (Bansos) pemerintah.

Selain 81 dari Kemendes PDTT melalui Dana Desa, juga 38 KK yang tercatat dan diusulkan sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan 34 KK lainnya adalah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Camat Kawangkoan, Eightmi Moniung mengharapkan agar masyarakat penerima bantuan pemerintah, baik BLT, BST maupun PKH agar menggunakan dananya sesuai peruntukkan.

“Jangan dibelikan barang lain, kecuali bahan makanan pokok karena dana ini diberikan pemerintah untuk membantu masyarakat di masa sulit ekonomi pandemi virus corona atau Covid 19,” katanya.

Camat Eigtmi mengingatkan, jika ditemukan ada penerima BLT yang hanya menggunakan uangnya berfoya-foya, bisa kehilangan haknya menerima bantuan yang sama untuk bulan ke dua dan ke tiga.

“Nama bapak atau ibu bisa saja diganti apabila tidak membelikan uang BLT untuk kebutuhan makan keluarga. Karena penerima BLT Dana Desa ini hanya SK Bupati. Pak Bupati sudah mengingatkan hal itu lewat kami, camat dan kumtua,” tandasnya.

Sementara, Kumtua Vivi Lumintang menyarankan keluarga penerima BLT untuk membelanjakan uangnya di usaha BUMDes agar dana bantuan pemerintah ini hanya akan berputar di Desa Kanonang Tiga.

“Kalau bisa, catat saja apa yang akan dibeli. Nanti petugas BUMDes yang mengantarkan langsung bahan-bahannya ke rumah masing-masing supaya tidak terjadi penumpukan,” paparnya.

Penulis: Herly Umbas

News Feed