oleh

ROR-RD Himbau Warga Minahasa Tak Berkunjung ke Wilayah Zona Merah Corona

Tondano, Fajarmanado.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Sulawesi Utara menghimbau warganya untuk menghindari kunjungan ke wilayah Zona Merah penyebaran virus corona atau Covid 19.

Himbauan tersebut disampaikan melalui Surat nomor 100/075/Sekr. bag. Tapem yang bersifat penting, perihal Peningkatan Kewaspadaan Penyebaran Covid 19.

Surat yang ditandatangani Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Frits R. muntu, SSos ini berisikan tiga poin, demikian isi lengkapnya;

Bupati Dr. Ir. Royke Oktavian Roring, MSi dan Wakil Bupati Dr. (HC) Robby Dondokambey, SSi atau ROR-RD) dalam beberapa kesempatan terus mengingatkan semua warga Minahasa agar senantiasa menerapkan social distancing dan physical distancing dengan sebisa mungkin tinggal di rumah saja, rajin cuci tangan dan menggunakan masker apabila terpaksa ke luar rumah.

Baca Juga :  Brimob Polda Maluku 'Hujani' Kota Ambon dengan Cairan Disinfektan

Seiring bertambahnya pasien yang terkonfirmasi positif terinveksi Covid 19 pada 8 Mei 2020, ROR-RD memerintahkan Sekkab Frits Muntu menerbitkan surat untuk meningkatkan kewaspadaan penyebaran Covid 19.

Masyarakat pun dihimbau untuk menghindari kunjungan ke wilayah Zona Merah Covid 19, seperti Kota Manado dan Kota Tomohon yang penyebarannya sudah melalui transmisi lokal.

Bersamaan dengan itu, juga memperketat masuknya pelaku perjalanan dari daerah transmisi lokal, seperti Kota Manado dan Kota Tomohon serta daerah lain yang juga telah ditetapkan Kementerian Kesehatan sebagai daerah Zona Merah Covid 19 dengan memperhatikan protokol tetap kesehatan.

Sampai Minggu (10/5/2020), pasien terkonfirmasi positif Covid 19 di Minahasa telah berjumlah 6 orang, satu di antaranya terkonfirmasi sudah sembuh.

Baca Juga :  Aktif Cegah Corona, Brimob Maluku Gencar Sosialisasikan Prokes dan Semprotkan Disinfektan

 

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid 19 Minahasa, dr Maxi Umboh, dalam siaran langsung di akun facebook Minahasa Command Center, Minggu (10/5/2020) malam menyampaikan, 2.495 orang Minahasa pelaku perjalanan dan memiliki kontak langsung dengan orang terinveksi virus telah selesai dipantau.

“Hasil pemeriksaan sampai sekarang, untuk Orang Dalam Pematauan (ODP) berjumlah 5 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 13 orang, sedangkan terkonfirmasi 6 kasus positif,” katanya.

Dari 6 positif corona, lanjut Maxi Umboh, satu di antaranya telah dinyatakan sembuh. “Total sementara yang dirawat di RSU Malalayang ada 5 pasien,” jelasnya.

Penulis: Herly Umbas

News Feed