Di Mitra Dua PDP COVID-19

Ratahan, Fajarmanado.com – Satu bayi di bawah lima tahun (balita) dan seorang lanjut usia (lansia) yang tercatat sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, masih menunggu hasil swab, apakah negatif atau positif terpapar virus corona.

Satuan Tugas (Satgas) penanganan dan pencegahan COVID-19 Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, mencatat adanya dua orang warga masuk dalam kategori PDP, yakni balita dan lansia.

“Ada dua PDP berjenis kelamin laki-laki, yakni balita berusia satu tahun setengah dan lansia berusia 79 tahun,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Minahasa Tenggara Gloria Wuwungan di Ratahan, Jumat kemarin.

Lebih lanjut, Gloria mengatakan untuk pasien balita saat ini sedang diisolasi di RSUP Kandow Malalayang Manado, sedangkan satu PDP lainnya diisolasi di RSUD Sam Ratulangi Tondano, Minahasa. “Keduanya masih menunggu hasil pemeriksaan swab tenggorokan,” ucapnya.

Gloria mengatakan kedua pasien tersebut diketahui sempat melakukan perjalanan dari daerah terdampak COVID-19. “Kedua PDP ini memang ada catatan perjalanan dari daerah terdampak, ada gejala mirip COVID-19, tapi bisa juga ada penyakit lainnya. Makanya perlu ada tes lanjutan. Untuk yang balita, orang tuanya sedang menjalani isolasi mandiri secara ketat, tapi dalam kondisi sehat,” paparnya.

PDP yang berusia satu tahun setengah mulai diisolasi sejak Selasa (24/3), sedangkan PDP yang berusia 79 tahun diisolasi Rabu (25/3).

Gloria menerangkan meski dalam status PDP, pasien yang sedang diisolasi belum dikategorikan negatif atau positif COVID-19. “Karena itu, masyarakat diharapkan tidak panik, namun tetap waspada sambil menerapkan upaya-upaya pencegahan khususnya ‘physical distancing,” tuturnya.

Penulis : Didi Gara