Wali Kota Jimmy Eman Ajak Warga Tomohon Giat Menanam

Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak, CA mengajak seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon untuk giat menanam di tengah pandemi virus Corona karena mulai mempengaruhi berbagai sendi kehidupan, utamanya kesehatan dan perekonomian masyarakat umum.

Ia mengatakan,  pemerintah tentu menjamin ketersediaan bahan-bahan kebutuhan pokok berkoordinasi dengan semua pihak, baik pemerintah pusat, kementerian dan lembaga terkait lainnya.

Meski demikian, Jimmy Eman menghimbau masyarakat agar memberdayakan lahan-lahan kosong maupun pekarangan yang ada di sekitar untuk ditanami berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Semisal, ditanami umbi-umbian, pisang, jagung dan sayuran serta bumbu-bumbu dapur untuk kebutuhan sehari-hari keluarga sekaligus untuk mengurangi pengeluaran belanja kebutuhan dapur.

“Di saat ini mari kita gunakan waktu untuk menanam ubi jalar, ubi talas, ubi kayu dan jagung serta tanaman lainnya untuk menjamin ketahanan pangan, sekaligus pemberdayaan lahan-lahan kosong dan pekarangan keluarga,” ujarnya melalui press rilis, Jumat (27/03/20).

Menurutnya, gerakan menanam ini sangat penting untuk menjamin ketersediaan bahan pangan bagi kita sekalian. Baik disaat nyaman maupun ketika menghadapi masa-masa sulit kedepan atau akibat Covid-19 seperti saat ini.

“Dengan tersedianya pangan lokal usaha masing-masing keluarga maka ketahanan ekonomi dan peningkatan perekonomian keluarga secara bersamaan akan baik dan meningkat,” kata Eman.

Dikatakannya, kegiatan menanam ini sangat penting untuk digalakkan di tengah permasalahan bangsa menghadapi Covid-19 saat ini. Sekaligus untuk memperkuat ketahanan pangan lokal di Kota Tomohon.

Wali kota pun mengingatkan masyarakat Kota Tomohon untuk bersama-sama dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah dan secara mandiri mencegah melalui penyemprotan disinfektan, menerapkan jarak sosial dan fisik (social distancing & Physical distancing), selalu mencuci tangan serta menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat untuk mencegah penyakit Corona Virus Disease ini.

Penulis: Prokla Mambo