Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Kawal Pilkada, Bawaslu Minut Ajak Partisipasi Pers, LSM dan Ormas

Kawal Pilkada, Bawaslu Minut Ajak Partisipasi Pers, LSM dan Ormas

Airmadidi,Fajarmanado.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Kabupaten Minahasa Utara mengajak organisasi kemasyarakatan serta lembaga pers untuk melakukan kegiatan pengawasan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 23 september 2020 mendatang. Komisioner Bawaslu Minahasa Utara Rahman Ismail mengatakan, peran serta LSM, Ormas serta insan pers sangat penting dalam mengawal proses demokrasi pemilihan kepala daerah. Hal ini dikatakan Ismail saat membuka Rapat Koordinasi Bawaslu bersama Pers, LSM dan Ormas dalam menghadapi Pilkada 2020 mendatang yang di gelar di Hotel Sutan Raja, Jumat (27/12).

Ismail menuturkan, salah satu indikator yang paling mendasar dari keberhasilan dan kualitas pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang demokratis adalah adanya keterlibatan masyarakat secara aktif terlibat dalam tahapan pemilu, khususnya dalam hal pengawasan atau pemantauan proses pemilu.

“Peran dan partisipasi masyarakat sipil dalam mengawasi atau memantau jalannya proses kontestasi demokrasi merupakan hal yang sangat penting.” ujar Ismail.

Senada yang dikatakan Johnny Alexander Suak mantan komisioner Bawaslu Sulut saat menjadi narasumber dalam acara Rakor tersebut. Menurutnya dalam menghadapi Pilkada, pihaknya mendorong komponen masyarakat (LSM) maupun organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk mendaftar sebagai lembaga pemantau pemilu. Hal tersebut sesuai amanat Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) No.4/2018 tentang Pemantauan Pemilu.

“Mari sama-sama kita kawal proses demokrasi pemilihan kepala daerah ini dengan cara terlibat aktif memantau dan mengawasi jalannya Pilkada dengan mendaftar sebagai lembaga pemantau Pemilu yang sah dan resmi.”kata Suak.

Ia menambahkan Pilkada adalah hajatan bersama, yang harus menjadi tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, peran serta LSM,Ormas dan insan pers sangat dibutuhkan guna mengawal pesta demokrasi ini agar bisa berjalan sesuai dengan aturan dan semangat demokrasi sehingga menghasilkan pemimpin berkualitas dan berintegritas.

Penulis : Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses