Rabu Siang, Tol Manado-Bitung Dibuka Fungsional Terbatas, Ini Jadwalnya

Manado, Fajarmanado.com — Ini kabar gembira bagi masyarakat pengguna jalan di Sulawesi Utara (Sulut) menghadapi Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut memastikan akan membuka secara fungsional ruas jalan Tol Manado-Bitung seksi Airmadidi-Manembo-nembo sepanjang 18,2 kilometer mulai hari Rabu, 29 Mei 2019, mulai pukul 13.00 Wita, siang.

Namun, pembukaan sementara atau secara fungsional jalan tol pertama di daerah Nyiur Melambai, ini dibijaksanai secara terbatas dan terjadwal.

Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS mengatakan, pembukaan sementara atau fungsional satu arah ini dilakukan dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik dan balik libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Pembukaan fungsional satu arah ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan golongan I,” katanya kepada wartawan seusai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan operasional Tol Manado Bitung di Ruang WOC Kantor Gubernur, Jalan 17 Agustus Manado, Selasa (28/5/2019) sore.

Berdasarkan pertimbangan, menurut dia, untuk kendaraan dari Manado menuju Bitung dibuka mulai 29 Mei sampai 6 Juni 2019. Sedangkan untuk arah Bitung ke Manado berlaku sejak 7 hingga 11 Juni 2019.

Edwin Silangen menjelaskan, pembukaan fungsional Tol Manado-Bitung terbatas pula berlaku selang pukul 08.00-17.00 Wita pada setiap harinya dan kecepatan kendaraan tidak boleh melampaui 60 kilometer per jam untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Sekdaprov menambahkan, keberhasilan lobi Gubernur Olly Dondokambey ke pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR menjadi kunci dibalik pembukaan fungsional jalan tol pertama di Sulut yang memiliki panjang total 39,9 kilometer ini.

“Fungsional Tol Manado Bitung ini karena lobi Bapak Gubernur ke menteri,” ungkap Edwin Silangen.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda Sulut, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulut dan Gorontalo, PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) dan instansi terkait lainnya yang ikut mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2019.

Penulis: Herly Umbas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *