oleh

Gubernur Olly Luncurkan Buku “Sang Pembuka Gerbang”

Manado, Fajarmanado.com — Olly Dondokambey, SE genap berusia 57 tahun, Minggu, 18 November 2018. Perayaan ulang tahun (Ultah) Gubernur Sulut kali ini, diwarnai dengan peluncuran buku “Sang Pembuka Gerbang”.

“Hari ini saya sangat berbahagia bisa meluncurkan buku dan merayakan ulang tahun yang ke 57. Ini karena dukungan dari semuanya,” kata  Olly pada launching buku yang digelar di Kolongan, Kalawat, Minahasa Utara (Minut), kemarin.

Buku terbitan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), yang ditulis Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata, Dino Gobel Sorongan dengan editor Wakil Gubernur (Wagub) Drs. Steven Kandouw ini menguraikan tuntas terobosan Gubernur Olly dalam membangun sektor pariwisata di daerah Nyiur Melambai.

Wagub Kandouw mengatakan, buku Sang Pembuka Gerbang ditulis berdasarkan data-data.

“Apa yang ditulis di buku ini adalah empiris dan bisa dibuktikan karena semuanya berdasarkan data-data,” katanya.

Lebih lanjut ia menyatakan, terobosan di sektor pariwisata Sulut yang dilakukan Olly adalah hal besar yang harus diapresiasi karena tidak bisa dilakukan oleh semua orang.

“Orang besar adalah orang yang bisa melakukan hal-hal besar,” tandas Kandouw.

Setelah dilantik menjadi Gubernur Sulut pada Februari 2016, Olly langsung bergerak cepat untuk memajukan daerah ini. Dia melihat, sektor pariwisata di Sulut sangat berpotensi dikembangkan sebagai sumber ekonomi berkesinambungan.

Berbagai cara dilakukan untuk merealisasikan program pemajuan pariwisata ini, terutama dengan membuka rute penerbangan internasional ke Bandara Sam Ratulangi, Manado. Lobi-lobi kepada pemerintah pusat, kementerian, maupun swasta digencarkan.

“Puji Tuhan. Semua jalan terbuka. Mulai perizinan bebas visa, ketersediaan maskapai pesawat dan pembangunan kanwil bea cukai. Semua syarat ini bisa disiapkan untuk menunjang pariwisata,” ucap Olly.

Terobosan jitu pasangan OD-SK, sebutan familiar Gubernur dan Wagub Sulut terpilih Pilkada 2015 ini berhasil membuat Sulut dibanjiri wisatawan mancanegara.

Terbukti, lima bulan setelah dilantik, OD-SK Olly berhasil membuka rute penerbangan langsung dari Tiongkok. Hasilnya, sejak tanggal 4 Juli hingga Desember 2016 jumlah turis mancanegara yang didominasi turis China yang berkunjung ke Sulut melonjak hingga 46 ribu orang.

Angka kunjungan turis ini sangat luar biasa karena rata-rata kunjungan wisman ke Sulut selama 10 tahun terakhir hanya berkisar di angka 10.000 sampai 15.000 orang per tahun.

Setahun kemudian, jumlah kunjungan wisman kembali meningkat hingga mencapai 86 ribu orang dan terus meningkat tajam di tahun berikutnya. Sesuai data, sampai September  tahun 2018 silam, jumlah kunjungan wisatawan memcapai angka 100 ribu wisman dan 2.6 juta wisatawan nusantara yang mengunjungi Sulut.

Para wisman dan wisnus itu juga menguntungkan perekonomian Sulut. Pertumbuhan ekonomi Sulut mencapai 6,23 persen atau diatas rata-rata nasional itu karena didukung sektor pariwisata.

“Keadaan Sulawesi Utara bisa seperti sekarang ini karena besarnya perhatian dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla termasuk dalam pembangunan infrastruktur jalan tol, waduk kuwil dan lainnya,” beber Olly.

Lauching buku Sang Pembuka Gerbang tersebut turut dihadiri jajaran Forkopimda, anggota V BPK RI Isma Yatun, Ketua TP PKK Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK dr Kartika Devi Kandouw-Tanos, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS, pimpinan PT Kompas Gramedia dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

Penulis: Herly Umbas

News Feed