oleh

MenPAN-RB Syafruddin Sebut Pelayanan Birokrasi Sudah Lebih Baik

Manado, Fajarmanado.com — Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Syafruddin mengatakan, pelayanan birokrasi saat ini sudah lebih baik.

Menteri Syafruddin mengungkapkan hal tersebut ketika membuka Rembuk Nasional Indonesia Melayani dalam rangka Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental 2018 di Hotel Swiss Bell Maleosan, Manado, Sabtu (27/10/2018).

Dibanding sebelumnya, kata dia, pelayanan birokrasi saat ini lebih baik.

“Syukur Alhamdulillah sekarang kita sudah bisa merasakan terjadi perubahan yang drastis yang sangat signifikan, tentu dikarenakan karena tuntutan zaman birokrasi mau berubah, tuntutan publik sangat keras, di situlah terjadi simbiosis mutualisme, yaitu keinginan untuk menghilangkan unsur yang memperlambat,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar tapi bagaimana mengelola itu, kuncinya seberapa cepat negara itu melayani.

“Jadi ini masalah waktu aparat pemerintah melayani masyarakat,” kata mantan Wakapolri ini.

Menurut Syafruddin, gerakan pertama dari revokusi mental adalah gerakan Indonesia melayani. “Ini menjadi alat sekaligus semangat bagi jajaran pemerintah untuk fokus menciptakan budaya pada aparatur sipil negara,” tandasnya.

Sementara itu, Deputi Menteri Diah Natalisa mengatakan, rembuk nasional ini menghadirkan para pembicara yang berkompeten di bidangnya, antara lain vice president PT Telkom, Asisten Administrasi Umum Setda DIY,  Kementerian Keuangan dan Rektor Unsrat Manado.

“Workshop ini adalah knowledge sharing bagaimana penggunaan e-services dalam pengelolaan pelayanan publik,” jelasnya.

Acara yang dihadiri Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito, SH, SIK tersebut menghadirkan sekitar 500 perserta perutusan semua provinsi dan kabupaten/kota di tanah air.

Penulis: Jones Mamitoho

Editor   : Herly Umbas

News Feed