Wakili Bupati, Siagian Pimpin Rapat Penyusunan Rencana Strategis

Tondano, Fajarmanado.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melaksanakan Rapat Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Sekretariat Daerah Tahun 2018-2023 di ruang sidang kantor bupati Minahasa pada Selasa  (23/10/2018) tadi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr Wilford Siagian, mengutip sambutan Bupati Ir Royke Oktavian Roring (ROR) memgatakan bahwa penyusunan Renstra sekretariat daerah Kabupaten Minahasa 2018-2023 adalah satu kegiatan yang berada di bingkai besar penyusunan dokumen perencanaan daerah lima tahunan.

Yang juga dikenal dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagaimana tertuang dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017. “Maka Pemerintah Kabupaten Minahasa harus menyiapkan RPJMD sebagai penjabaran dari visi, misi dan program bupati dan wakil bupati minahasa,” ujar Siagian.

Penjabaran visi, misi dan program tersebut tidak berdiri sendiri karena terdapat salah satu tahapan. Yakni perangkat daerah harus menyiapkan rancangan awal renstra.

“Renstra merupakan suatu perangkat yang penting dalam penyusunan RPJMD. Dengan demikian harus ada konsistensi antara Renstra Setda dan RPJMD kabupaten Minahasa sehingga dapat bersinergi dalam berkontribusi bagi pencapaian visi, misi dan program Bupati dan Wakil Bupati untuk lima tahun kedepan,” jelasnya.

Renstra setda kabupaten minahasa merupakan instrumen awal untuk mengukur kinerja di setiap bagian baik terkait pencapaian awal guna menciptakan suatu tujuan maupun sasaran yang telah ditetapkan.

“Untuk itu diharapkan peran serta dari para kepala bagian serta para kasubag yang ada di lingkup setda Kabupaten Minahasa dalam penyusunan rancangan awal Renstra karena terdapat data-data yang melekat pada bagian masing-masing,” pintanya.

Rapat tersebut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Dr Wilford Siagian, Kepala bagian Administrasi Pembangunan Philip Siwi SE, Seluruh Kabag, Kasubag dan staf pelaksana di tiap bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa.

Penulis: Fiser Wakulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *