oleh

Kunker di KPU Minahasa, Mangindaan Singgung Netralitas ASN

 

Tondano. Fajarmanado.com – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri dalam perhelatan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) maupun pemilihan umum (Pemilu) ternyata terus dipantau.

Buktinya, saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa dalam rangka reses masa persidangan III tahun sidang 2017-2018, anggota DPR RI Letjen TNI (Purn) EE Mangindaan menyinggung terkait hal tersebut. “ASN, TNI hingga Polri harus tetap netral dalam ajang pesta demokrasi. Karena ini adalah perintah undang-undang,” ujar Mangindaan, Kamis, (22/2/2018) tadi.

Mangindaan juga meminta penjelasan terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT), konstituen yang belum mengantongi e-KTP, serta sejauhmana sosialisasi yang telah dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Terkait masa tugas KPU Minahasa yang akan berakhir pada tanggal 26 Januari meskipun Pilkada akan dilangsungkan pada tanggal 27 Juni, Mangindaan mengatakan bahwa hal tersebut telah disampaikan kepada KPU Pusat.

“Karena hal demikian harapan saya, minimal satu orang komisioner KPU yang lama akan duduk kembali dalam masa tugas KPU periode baru,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Minahasa, Meidy Tinangon menjelaskan terkait proses Pilkada Minahasa.

Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Minahasa, Kristoforus Ngantung mengugkapkan bahwa KPU Minahasa menargetkan 85 persen dari target KPU Pusat sebesar 75 persen.
“Harapan kami supaya bisa capai target tersebut,” ujar Ngantung.

Penulis: Fiser Wakulu

News Feed