oleh

VaSung: Pancasila Lahir Dari Perut Bumi Ibu Pertiwi

Manado, Fajarmanado.com — Legislator DPR RI Vanda Sarundajang mengingatkan, Pancasila lahir dari Perut Bumi Ibu Pertiwi sehingga semua anak bangsa Indonesia wajib mengaplikasikannya dalam pola sikap dan tindakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

VaSung, sapaan familiar srikandi PDI Perjuangan, menegaskan hal tersebut ketika mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Hotel Casa Wanea Kota Manado, Jumat (22/09/2017).

Sosialisasi dihadiri oleh ratusan peserta dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan sahabat Tagana Kota Manado.

“Kita perlu ingat bahwa rumusan penggagas Pancasila di bawah pimpinan Bung Karno menyampaikan bahwa Pancasila itu lahir dari perut bumi ibu pertiwi. Untuk itu kewajiban kita sebagai anak bangsa adalah mengaplikasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya lantang.

Vasung kemudian mengingatkan seluruh warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) supaya membentengi diri dengan memahami Pancasila supaya tidak akan mudah diadu domba oleh oknum-oknum yang sengaja ingin mengacaukan keutuhan NKRI.

“Belakangan ini masih juga ada orang-orang yang hendak mengacaukan negeri tercinta kita ini dengan menebarkan kebencian menggunakan suku, agama dan ras, yang sekarang inipun marak penyebarannya lewat media sosial,” tandas ungkap putri Dr Sinyo Harry Sarundajang, mantan Gubernur Sulut dua periode ini.

Pada kesempatan itu, VaSung juga mengulas panjang lebar soal Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, yang harus dan wajib terus dijaga demi keutuhan bangsa dan negara Indonesia. “Kita harus sama-sama berkomitmen bahwa NKRI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar,” tandasnya.

VaSung yang didampingi Ketua Tagana Kota Manado Rocky Mende dan Torry Kojongian Sekretaris DPD Taruna Merah Putih Sulawesi Utara menutup sosialisasi tersebut dengan tanya jawab dan penyerahan bingkisan kepada para peserta.

Penulis : Herly Umbas

News Feed