oleh

Pemkot Tomohon Berkomitmen Wujudkan Pemenuhan Hak-Hak Anak

Tomohon, Fajarmanado.com – Wali Kota Tomohon Jimmy Feldi Eman SE Ak mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon berkomitmen mewujudkan program pemenuhan hak-hak anak.

Wali Kota Eman menegaskan hal ini ketika melantik satuan Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Kota Tomohon melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) di Lantai 3 Kantor Wali Kota,  Kelurahan Kolongan, Tomohon Selatan, Rabu (12/04/2017).

Acara pelantikan tersebut disaksikan Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan, Ketua DPRD Ir Miky Junita Linda Wenur, Kapolres AKBP Monang Simanjuntak Sik, Kajari Moh Noor HK SH MH dan Dandim 1302 Minahasa diwakili Kasdim Mayor CPL Frangky Kallo.

Wali Kota mengatakan, pemerintah melalui Kementerian PPA telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan kebijakan KLA.

Kebijakan KLA, kata dia, bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha sehingga pemenuhan hak-hak anak Indonesia dapat lebih dipastikan.

“Kebijakan ini merupakan implemntasi dari tindak lanjut komitmen dunia melalui World Fit For Children, di mana Pemerintah Indonesia juga turut mengadopsinya,” ungkap Eman.

Wali Kota berharap indikator-indikator KLA tersebut tidak berhenti menjadi sederet check list evaluasi saja tetapi dapat menjadi acuan bagi Kota Tomohon dalam memenuhi hak-hak anak melalui pengembangan KLA yang terintegrasi dan berkelanjutan.

“Saya ingin menggaris bawahi poin terpenting dari proses pengembangan KLA yaitu koordinasi di antara para stakeholder pemenuhan hak-hak anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan,” ujarnya.

“Oleh karena itu, saya berharap penguatan koordinasi para stakeholders dapat terus ditingkatkan dengan terus melakukan koordinasi secara rutin,” sambung Wali Kota.

Eman juga mengungkapkan, anak merupakan investasi di masa yang akan datang, maka menjadi kewajiban bersama untuk menjadikannya lebih berkualitas sehingga mereka akan menjadi modal pembangunan di masa datang.

“Untuk itu peran seluruh pemangku kepentingan, pemerintah, masyarakat dan dunia usaha harus bahu-membahu untuk dapat mewujudkannya,” tegas Wali Kota yang telah mencatat berbagai prestasi nasional ini.

Selain  unsur Forkopimda, acara tersebut juga dihadiri ASN jajaran Pemkot dan perutusan siswa se kota yang berjuluk pula Kota Pendidikan ini.

(prokla)

News Feed