oleh

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Ahmad Basarah Bekali ASN Sulut

Manado, Fajarmanado.com – Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap  Empat Pilar Kebangsaan, sekaligus membentuk karakter kepribadian bangsa yang kuat, mandiri dan tangguh di Sulawesi Utara (Sulut), Badan Kesbangpol akan menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dan Revolusi Mental.

Kaban Kesbangpol Sulut Evans Steven Liow, SSos, MM mengatakan, Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dan Revolusi Mental ini dijadwalkan dilaksanakan pada Kamis (12/1/2017) di Gedung Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, pada pukul 10:00 Wita.

“Para tokoh yang akan tampil sebagai pembicara antara lain, Ahmad Basarah yang kita kenal adalah salahsatu pakar Idiologi Pancasila ini,” katanya di Manado, Rabu (11/1/2017).

Liow menjelaskan, dalam disertasinya, Ahmad Basarah menyelidiki kedudukan Pancasila yang lahir tanggal 1 Juni 1945 sebagai sumber dari segala sumber pembentukan hukum nasional maupun tolok ukur pengujian UU di MK.

Basarah juga, lanjut dia, hendak melakukan objektifikasi dan penyelidikan ilmiah atas kelahiran Pancasila.

“Dalam hasil penelitiannya, Ahmad Basarah menemukan dasar pijakan argumentasinya yang kokoh soal keputusan Presiden Joko Widodo yang telah menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sesuai Keppres Nomor 24 tahun 2016,” kata Liow.

Pada Sosialisasi Empat Pilar dan Revolusi Mental ini, menurut Liow,  Ahmad Basarah akan disandingkan dengan Wakil Gubernur Steven Kandouw. Mereka akan memberikan pembekalan kepada pejabat struktural lingkup Pemprov Sulut terkait dengan kebijakan pemerintah provinsi.

Tak kalah pentingnya, sosialisasi ini akan meletakkan kembali dasar  kepada ASN untuk memahami dengan benar Ideologi Pancasila yang sesungguhnya.

“Karena, dari Ideologi Pancasila lahir-lah pemikiran Trisakti dan Nawacita. Sekaligus mendorong aparat yang ada di sini untuk merevolusi mental,” tukasnya.

Mantan Kadis Olah Raga Pemprov Sulut ini berharap agar pemahaman Empat Pilar dan Revolusi Mental ini dapat membentuk karakter kepribadian bangsa yang kuat, mandiri dan tangguh di daerah Nyiur Melambai.

“Untuk itu, saya minta kehadiran pejabat eselon II, II, IV lingkup Pemprov Sulut. Sosialisasi ini sangat penting, karena pembicara yang hadir merupakan tokoh nasional dibidang Ideologi Pancasila,” pungkas Kaban Kesbangpol ini.

(ely)

News Feed