oleh

Pekan Depan, Polres Minsel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2016 di Dua Daerah

Tombatu, Fajarmanado.com – Polres Minsel telah mengagendakan pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2016 yang akan diselenggarakan pada pekan depan.

Hal ini disampaikan Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana, SH, SIK, MSi, saat arahan pada kegiatan Jam Pimpinan,  yang dipusatkan di Rumah Makan Sharon Jalan Raya Silian KecamatanTombatu Kabupaten Mitra, Sabtu (17/12) kemarin.

“Operasi Kepolisian dengan sandi “Lilin-2016” ini dalam rangka Pengamanan Hari Raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Untuk pengecekan dan konsolidasi perkuatan personil maupun sarana prasarana pendukung operasi maka akan dilaksanakan Apel Gelar Pasukan,” ungkap Kapolres.

Sementara itu, Kabag Oprasional Kompol Jacky Lapian, S.Sos, memaparkan bahwa Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan akan dilaksanakan pada pekan depan di dua tempat berbeda yang ada di dua Kabupaten.

“Sebagaimana diketahui, Wilayah Hukum Polres Minsel terdiri atas dua daerah atau kabupaten, yaitu Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara . Olehnya, kita mengagendakan akan melaksanakan Apel Gelar Pasukan di dua tempat dan waktu yang berbeda, pastinya pekan depan.” Jelas Kompol Jacky Lapian.

Operasi Lilin sendiri akan digelar secara nasional selang 23 Desember 2016 sampai 2 Januari 2017. Dalam operasi pengamanan hari besar keagamaan ini, polisi akan memfokuskan penjagaan keamanan di tempat-tempat ibadah.

“Untuk itu, Polri selaku Penanggungjawab Operasi ini mengajak seluruh stakeholder, baik dari unsur TNI maupun Pemerintah Daerah untuk bersama-sama, bahu membahu dan berperan aktif dalam pengamanan kegiatan keagamaan ini,” papar Kapolres Arya Perdana saat Rakor Lintas Sektoral di Amurang, Kamis (15/12) lalu.

Kapolres mengatakan, jangan mentolirir jika ada oknum yang mengganggu ibadah keagamaan, termasuk ketika warga Nasrani beribadah merayakan Natal 2016 ini.

“Kita tidak akan mentolerir adanya oknum yang mengganggu jalannya kegiataan keagamaan. TNI dan Polri dibantu instansi terkait lainnya akan berupaya sekuat tenaga menciptakan situasi yang aman dan kondusif selang Perayaan Natal dan Tahun Baru nanti,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan Operasi Lilin ini Polres Minsel akan membuat Pos-Pos Pengamanan dan Pelayanan di sejumlah titik. Pos-pos itu nantinya akan ditempati oleh aparat gabungan baik dari unsur Polri, TNI, Sat Pol PP, Dishub, Dinkes dan Basarnas.

“Pos Pengamanan dan Pelayanan ini akan disebar di sejumlah titik baik yang ada di Kabupaten Minsel dan Kabupaten Mitra,” jelas Kabag Operasional Jacky Lapian.

Menurutnya, pos-pos ini akan berfungsi sebagai Pos Informasi, Sentra Pengamanan dan Pelayanan serta Resting Area untuk masyarakat dalam perayaan Natal dan Tahun Baru, khususnya bagi yang melaksanakan perjalanan.

(andries)

News Feed