oleh

Rutan Cabang Amurang Naik Jadi Kelas III Awal 2017

Amurang, Fajarmanado.com – Perjuangan panjang Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Amurang, Marulye Simbolon, SH, MH untuk semakin mengotimalkan pelayanan kepada warga binaan, kini berbuah hasil seiring datangnya kabar pesetujuan Menkum HAM.

“Kemungkinan besar awal Januari 2017, Rutan Cabang Amurang ini sudah resmi menjadi Lapas Kelas III,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Sulut, Anthonius M Ayorbaba, SH, MSi.

Kabar ini disampaikan Ayorbaba ketika memberi sambutan pada Ibadah Natal keluarga besar Rutan Amurang di Gereja Oikumene ‘Emaus’ Rutan Amurang, Desa Teep Trans Kecamatan Amurang Barat, Rabu (14/12).

Menurut Ayorbaba, di Provinsi Sulut  terdapat dua rutan yang naik kelas. “Satu diantaranya adalah Rutan Cabang Amurang,’’ ujar pria yang segera dipromosikan dan mendapat tugas baru ini.

Ia mengatakan, pelayanan Rutan Amurang telah mengalami kemajuan dan peningkatan dalam akhir-akhir ini pula  berkat dukungan pemerintah provinsi dan kabupaten.

Rutan binaannya ini, lanjut dia, benar-benar telah banyak kemajuan sehingga mendapat perhatian  Kemenkum HAM serta tentnya pemerintah provinsi dan kabupaten.

“Dengan naik kelas menjadi Lapas kelas III, akan ada penambahan ruang tahanan,” ujarnya pada acara yang ikut dihadiri Wakil Bupati Minsel Franky Donny Wongkar ini.

Dukungan Pemkab Minsel pun terus diharapkan. “Memang saya melihat areal lahan kosong di lokasi Rutan ini masih cukup besar. Tapi masih butuh dukungan pemkab agar fasilitasnya semakin lengkap,’’ ujarnya.

Kepala Rutan Cabang Amurang Marulye Simbolon, SH, MH menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menunjang dan menopang semua program pihaknya selama ini.

“Lebih khusus kepada pak Menteri Hukum dan HAM Dr Yasonna Laoly, SH dan bupati Minsel Christiany E Paruntu serta wakil bupati Franky D Wongkar,” katanya.

(andries)

News Feed