oleh

Tahun 2017 Anak Usia 0-17 Tahun Akan Memiliki KIA

Tondano, Fajarmanado.com – Program Kartu Identitas Anak (KIA) mendapat dukunganpenuh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Minahasa. KiA untuk anak usianya 0-17 tahun segera diproses danm diterbitkan di Minahasa.

“Saat ini kami sementara mempersiapkan segala kebutuhannya agar tahun depan (2017) sudah bisa mulai diproses dan diterbitkan,” kata Kepala Disdukcapil Minahasa Drs Riviva Maringka, MSi di Tondano, Selasa (25/10).

Maringka mengatakan, sesuai petunjuk pemerintah pusat setiap anak usia 0-17 tahun telah wajib memiliki kartu indentitas diri berupa KIA, karena dapat membantu setiap anak terdaftar dalam kartu keluarga sebagai jaminan masuk dalam tanggungan keluarga bersangkutan.

“Anak yang berusia 0-5 tahun dan 5-17 tahun sudah berhak memiliki KIA, sebab selain memberikan kemudahan pengurusan berkas bagi anak dan keluarganya, akan lebih memudahkan pemerintah mendata semua penduduk yang ada di daerah masing-masing dan itu sudah masuk data base nasional, ” jelasnya.

Ada dua jenis KIA, lanjutnya, yakni usia 0-5 tahun kartunya tidak memiliki foto dan finger print, karena sidik jari anak umur tersebut masih berubah-ubah.

“Ke dua adalah aak usianya 5-17 tahun, kartunya disertai foto dan finger print,” jelas Maringka.

Selain itu, katanya,  juga ketika orang tua akan mengurus akte kelahiran anak tersebut, maka KIA akan dikeluarkan bersamaan sehingga  akan mempermuda semua pengurusan seperti membuat rekening bank, paspo, BPJSr dan lain sebagainya,” jelas Maringka.

(den)

News Feed