oleh

Enam Pasar di Mitra Resmi Beroperasi Tahun Ini

Ratahan,FAJARMANADO.com–Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) memastikan tahun 2016 ini seluruh pasar yang dalam tahap pembangunan resmi beroperasi.

“Sebanyak enam pasar baik yang sementara dalam tahap pembangunan maupun yang baru akan dibangun, dipastikan tuntas dan beroperasi tahun 2016 ini,” ungkap Bupati minahasa Tenggara James Sumendap Melalui Kepala Disperindakop Mitra Dra Marie Makalow kepada wartawan, jumat  pekan lalu.

Dijelaskan dia, ada dua pasar yang akan segera diresmikan untuk beroperasi dalam waktu dekat ini, yakni Pasar Rakyat Tombatu dan Pasar Touluaan. “Dua pasar ini dalam tahap perampungan atau finising dan waktu dekat ini segera diresmikan,” kata Makalow.

Lanjut dia, Pasar Tua Tombatu dan Pasar Ratahan yang tahap pertama pembangunannya telah dilakukan tahun 2015 lalu, tahun ini akan segera diselesaikan pembangunan untuk tahap terakhir.

“Pasar Tua Tombatu sudah dialokasikan anggaran untuk tahap terakhir senilai Rp525 juta, dan Pasar Ratahan Rp14,5 miliar,” jelas Mantan kepala Badan lingkungan hidup.

Sementara itu, untuk pembangunan Pasar Ratatotok dengan anggaran Rp1,2 miliar dan Pasar Pasan Rp1,5 miliar, saat ini dalam proses tender.

“Yang masih terkendala lahan dan belum bisa dilakukan pembangunannya adalah Pasar Belang dan Pasar Molompar Tombatu Timur. Kalo lahannya sudah tidak ada masalah, kita upayakan akan dianggarkan melalui APBD Perubahan,” ujarnya.

Tambah Marie, Pemkab Mitra sendiri terus berupaya membangun seluruh infrastruktur guna memenuhi kebutuhan masyarakat. “Dengan dibangunannya sara prasarana khsusunya pasar, maka perekonomian masyarakat lebih khsusus para pedagang akan semakin meningkat,” pungkasnya.

(DidiGara)

News Feed