oleh

Tomohon Bertekad Ciptakan Sekolah Adiwiyata Tiap Tahun

Tondano, fajarmanado.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon terus menaruh perhatian penataan taman dan lingkungan yang asri di sekolah-sekolah sejalan dengan program Adiwiyata Kementerian Lingkungan Hidup “Hasilnya terlihat dalam tiga tahun terakhir,”   Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tomohon Lily Solang.

Tahun 2013, katanya, ada  5 sekolahmemperoleh  Adiwiyata tingkat nasional, 2014 tercatat  4 sekolah di tingkat Provinsi Sulut. ‘Untuk tahun ini, ada 10 sekolah memperolehnya,  4 sekolah di antaranya telah lolos penilaian di tingkat provinsi dan  diusulkan ke tingkat nasional,” jelasnya di Tomohon, Rabu (18/11/2015).

Program  Adiwiyata sangat besar pengaruhnya. Selain menciptakan lingkungan sekolah yang asri, juga menjadi bagian pendidikan mental bagi anak didik untuk mencitai lingkungan
“Kalau anak-anak sejak dini sudah diajarkan begitu, pasti sampai mereka dewasa akan berprilaku untuk senantiasa memperhatikan lingkungan di sekitar. Sejak masa kecil, mereka dapat belajar tentang bagaimana mencintai lingkungan, peduli dengan lingkungan. Juga tentang bagaimana bisa menyelamatkan lingkungan,” jelasnya.

Sekolah-sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata, lanjut dia, dapat dipastikan anak didik telah mendapat pembelajaran khusus tetang wawasan lingkungan. “Kami bekerjasama dengan Dikpora untuk terus berusaha melakukan pembinaan di semua sekolah yang ada di kota ini agar nantinya bisa memperoleh penghargaan yang sama semuanya,” pungkas Solang. (rialdy rawis)

News Feed