oleh

Eman: Swasembada Pangan Harus Libatkan Semua Pihak

Tomohon, fajarmanado.com — Wali Kota Tomohon, Jimmy Feldie Eman, mengatakan, program swasembada pangan tidak mungkin dicapai tanpa dukungan dan keterlibatan semua pihak terkait untuk  memberdayakan semua potensi lahan yang ada.

“Tanpa dukungan semua stakeholder, apa yang menjadi harapan pemerintah tidak akan mungkin terwujud,” demikian wali kota dalam sambutan yang dibacakan Assisten Ekonomi dan Pembangunan Ronny Lumowa, SSos, MSi  saat membuka Rapat Koordinasi Intensifikasi Tanaman Padi dan Palawija di Balai Benih Pertanian, Rabu (18/11/2015).

Karena itu, katanya, kebijakan dan langkah strategis pemerintah pusat harus ditopang dengan kebijakan pemerintah daerah termasuk Pemerintah Kota Tomohon, khususnya untuk mendorong produksi. Namun demikian tanpa peranserta masyarakat apa yang sudah diprogramkan pemerintah tak akan berjalan sesuai harapan.

Meski Kota Tomohon memiliki potensi lahan sawah yang relatif kecil dibandingkan dengan kabupaten dan kota lainnya  di Provinsi Sulut, lanjut dia, bukan berarti tidak memiliki upaya untuk memaksimalkan potensi yang ada.

“Sepanjang tahun 2015 ini, bantuan sarana dan prasarana pertanian berupa benih, pupuk, alat pertanian bahkan pendampingan dan pengawalan dari PPL bersama TNI-AD terus dilakukan dengan sasaran Indonesia swasembada pangan tahun 2017,” tutur Lumowa.

Untuk menjamin keberhasilan pelaksanaan program dan pencapaian sasaran tersebut, diperlukan komitmen bersama dan dukungan dari semua stakeholder terkait. Karena Pemkot Tomohon tetap konsisten mendukung program pemerintah pusat, termasuk untuk mewujudkan ketahanan pangan agar kebutuhan konsumsi beras dapat terpenuhi.

“Oleh sebab itu perlu dilakukan terobosan produksi dan produktifitas padi di Kota Tomohon ini,” jelas Lumowa.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Tomohon Ervinz D Liuw mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengkoordinasikan program dan kegiatan dalam rangka pencapaian target produksi padi, palawija serta mensosialisasikan instruksi walikota tentang peningkatan indeks pertanaman padi sawah di Kota Tomohon.

(rialdy rawis) 

News Feed