oleh

Dukung Mari Jo Ka Manado, Sumarsono Lounching Logo GSM dan GBK Sulut

MANADO, FAJARMANADO.com—Gebrakkan Penjabat  Gubernur Sulut DR Sumarsono, MDM membangun daerah Nyiur Melambai sangat jitu untuk mengantisipasi fenomena alam yang bakal terjadi. Gaung Gerakkan Sulut Menanam (GSM) dan Gerakkan Bersih Kuala (GBK) terus saja digemakan.

Kendati sudah mendapat dukungan jajaran pemerintah kabupaten dan kota, Kamis (12/11/2013), Somarsono masih juga melaunching logo ke dua program tersebut di Parkiran Manado Town Square (Mantos), Jalan Piere Tendean Manado.

Program GSM mengajak warga sulut untuk melakukan gerakan menanam baik padi, palawija dan hortikultura, bahkan berbagai jenis pohon dan buah-buahan di perkebunan maupun pekarangan rumah. Ini tak lagi untuk produksi pangan yang diprediksi bakal turun secara nasional.

Sementara program GBK diluncurkan untuk melakukan membangikitkan kembali semangat Mapalus melalui gerakkan bersih-bersih sungai  (kuala), termasuk kepedulian  warga yang tinggal di bantaran sungan dan sekitarnya. Sedangkan warga yang bermukim di perkotaan maupun desa-desa, dapat mengimplementasikan program GBK dengan membersihkan saluran air atau drainase di lingkungan pemukiman.

“Bagaimana ajakan Mari Jo Ka Manado akan berhasil jika tidak didukung lingkungan yang hijau dan sungai yang penuh sampah, tentu saja tidak akan sukses dan memberikan kesan yang baik kepada orag-orang yang datang di daerah ini,” katanya.

Launching Mari Jo Ka Manado itu sendiri  dilakukan 8 Oktober lalu di Jakarta. Menurut Sumarsono, hal itu telah disosialisasikan kepada 60 General Manajer hotel, maskapai penerbangan dan owner tours and travel di Sulut,

Untuk menyukseskan program tersebut,  menurut Sumarsono,banyak cara yang dapat dilakukan masyarakat. Selain menjadi tuan rumah yang baik, juga memberikan dukungan nyata terhadap program GSM dan GBK ini. “Banyak cara mendukung program ini, termasuk tidak membuang sampah sembarangan agar sungai bersih, laut kita juga bersih,’’ paparnya..

Pada acara peluncuran logo GSM dan GBK tersebut, gubernur mencanangkan gerakan sulut berkarya, berupa karya cipta lagu Mars Sulut dan Mars Pilkada Serentak dengan harapan akan menjadi sumbangsi daerah ini untuk nasional.

Acara yang menarik perhatian masyarakat pengunjung Mantos tersebut, diwarnai dengan penyerahan penghargaan kepada sejumlah pihak, disaksikanoleh Forkompida, jajaran Pemprov Sulut dan para undangan.

Sarsono menyebutkan, launching kali ini ikut melibatkan Empat SKPD yaitu Dinas Kehutanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas pendidikan Nasional dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

(joy stefanus/hendry rambet)

News Feed