oleh

Penyandang Cacat di Mitra Membutuhkan Perhatian Serius dari Pemerintah

RATAHAN,FAJARMANADO.com–Penyandang cacat yang merupakan kelompok masyarakat yang sangat membutuhkan perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (MItra).
Data terbaru hasil rekap Dinas tenaga kerja dan transmigrasi sosial (Disnakertransos) kabupaten Minahasa tenggara (mitra) yang dilaporkan oleh hukum tua/ lurah se-Kabupaten mitra menghasilkan 729 penyandang cacat dikabupaten mitra.

Kepala Dinas Nakertranssos mitra Drs Hans Mokat,melalui kepala bidang bantuan dan rehabilitasi social Silfia makaenas membenarkan data akurat jumlah penyandang cacat tersebut.

Kepala bidang bantuan dan Rehabilitasi sosial nakertransos dalam penjelasannya mengatakan “pihaknya sangat memberikan apresiasi kepada kepala seksi pelayanan dan rehabilisasi sosial yang telah berhasil mengumpulkan data akurat disemua desa, sebab lanjut ibu Silfia, dengan data terbaru ini yang berjumlah 729 penyandang cacat mitra yang walaupun masih ada beberapa desa yang terlambat memasukan data laporan terbaru ini menjadikan pihak disnakertransos bekerja ektra dalam mengambil kebijakan untuk mengatasi masalah ini ujar Makaenas.

Kepala seksi pelayanan dan Rehabilitasi sosial Simon Mokat menambahkan “data yang dikumpulkan memang untuk diseminarkan dalam Diklat PIM empat pekan lalu, sehingga dalam seminar tersebut banyak pihak yang bertanya menyangkut jumlah yang sangat spektakuler ini.
ASN yang pernah bekerja di Komisi Pemilihan Umum Mitra,kembali mejelaskan bahwa jumlah tersebut didapat secara keseluruhan penyandang cacat yang antara lain Buta, tuli, bisu,pincang dan kehilang organ tangan atau lainya baik cacat berat maupun cacat ringan”.ujarnya.

Ditanya menyangkut berapa banyak yang mendapat bantuan pemerintah, kabid BRS Makaenas menjelaskan hingga kini data bantuan dari kementrian ada 29 orang yang mendapat bantuan pusat serta ada juga bantuan dari provinsi sulut dan untuk bantuan dari pemerintah Daerah mitra akan diusulkan sebagai dana sering bantuan pemerintah pusat.

Sementara itu Kepala Dinas nakertransos Drs Hans Mokat ketika diminta Tanggapanya,secara tegas mengatakan “pihaknya memang harus berupaya kembali menyampaikan laporan terbaru ini lewat kementrian sosial agar supaya ada bantuan lebih untuk kelompok-kelompok usaha produktif penyandang cacat mitra ujar mokat. (DidiGara)

News Feed