oleh

795 Ramor Terjaring Operasi Zabra di Bitung

BITUNG, FAJARMANADO.com—Operasi zebra 2015 yang dilakukan oleh jajaran Polres Bitung berhasil menjerat 795 kendaraan bermorot (Ranmor), baik sepeda motor maupun mobil.

Kapolres Bitung, AKBP Reindolf Unmehopa SH, SIK, mengatakan, melalui, dari 795 ranmor yang terjaring, seperti biasanya karena melakukan pelanggaran yang berbeda. Di antaranya, ketiadaan surat-surat, seperti SIM dan STNK dan pelanggaran lainnya berupa kelalaian pemilik kendaraan yang tidak melengkapi kendaraannya dengan lampu rem.

“Dari total kendaraan yang berhasil dijaring, ada sekitar 450 kendaraan yang hanya diberikan teguran atau himbauan. Selama operasi Zebra yang berlangsung selang 22 Oktober sampai 4 November ternyata tingkat kecelakaan menurun drastic. Sesuai catatan kami, selama itu zero accident,”ujar  Kapolres Unmehopa melalui Kasat Lantas AKP I Made Santika, Jumat (06/11/2015)

Ditanya, apakah penindakan di tempat terhadap pengendara ataupun pengemudi yang kedapatan melanggar aturan, Santika mengatakan dirinya telah memberi petunjuk kepada jajarannya supaya bisa lebih bijak, dengan melihat situasi, seperti pada saat orang pergi kantor dan jam anak sekolah.

“Kami memang memberikan diskresi bagi seluruh jajaran dalam melakukan pendidikan, tapi tetap harus melihat lagi dampak sosial yang lebih besar bila dilakukan penindakan di tempat,” kata Santika.

Kalau melanggar peraturan lalulintas, inilah sanksi sesuai undang-undang.   (Foto: Istimewa)

Kalau melanggar peraturan lalulintas, inilah sanksi sesuai undang-undang. (Foto: Istimewa)

(eliza samson)

News Feed