108 Personil SAR Ambon Siaga Amankan Libur Idul Fitri 1445 H di Maluku

Maluku, Religi237 Dilihat

Ambon, Fajarmanado.com —  Kantor SAR Ambon menggelar Apel Kesiapsiagaan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah di halaman Serbaguna, Ambon, Rabu (03/04/ 2024).

Berkekuatan 108 personil, Kantor SAR Ambon dikerahkan untuk mendukung pengendalian dan pengaturan jasa transportasi, khususnya di wilayah Perairan Maluku dan sekitarnya jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijirah.

Selama 16 hari, selang hari Rabu, 3–18 April 2024, ke-108 personil SAR Ambon dikerahkan untuk bersama Stakeholder terkait melaksanakan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2024.

Para personil SAR Ambon ini disebar di Unit Siaga SAR SBT, Unit Siaga SAR Kepulauan Aru, Pos SAR Saumlaki, Pos SAR Tual, Pos SAR Namlea, dan Pos SAR Banda.

Mereka juga diarahkan melakukan pergerakan-pergerakan ke tempat-tempat yang rawan terjadi bencana atau musibah seperti tempat wisata, pelabuhan dan juga bandara.

Selain personil, Kantor SAR Ambon juga menyiagakan Alat Utama berupa KN SAR Abimanyu, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rigit Buoyancy Boat (RBB), Rescue Car, Rescue Truk, Drone Thermal, Peralatan Selam, Peralatan Emergency Kit (Medis), dan Peralatan Aqua Eye.

Kepala Basarnas Ambon Muhammad Arif Anwar menjelaskan, pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran dibuka secara resmi oleh Kabasarnas secara virtual di Kantor Pusat Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, juga pada Rabu, hari ini.

Kantor SAR Ambon yang tergabung dalam Posko Terpadu Angkutan Mudik Lebaran Provinsi Maluku, lanjut Arif Anwar, nantinya melakukan mobile patroli setiap hari ke tempat-tempat Wisata, Pelabuhan, dan juga Bandara.

“Kami berharap pelaksanaan Siaga SAR Khusus berjalan dengan lancar, aman, dan semoga tidak ada kejadian-kejadian yang dapat merugikan masyarakat sekitar,” katanya.

Arif Anwar juga menghimbau kepada masyarakat Maluku dan sekitarnya yang melakukan mudik dengan transportasi laut agar tetap berhati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan.

Usai Apel Gelar Pasukan, Kepala Basarnas Ambon itu melepas Konvoi Kendaraan dan Personil yang terlibat dalam Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2024. [keket]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *