BI Maluku Siapkan Rp.939 M Kebutuhan Bulan Ramadhan Sampai Idul Fitri 2024

Ambon, Fajarmanado.com — Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang senilai Rp.936 miliar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Provinsi Maluku selama bulan Ramadan sampai Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024.

Kepala Kantor Perwakilan (Kp) BI Provinsi Maluku, Rawindra Adriansah mengatakan, uang senilai Rp 936 miliar tersebut, terdiri dari uang pecahan besar Rp 866,9 miliar dan pecahan kecil Rp 69,7 miliar.

“Di Maluku, tahun lalu kita realisasi untuk bulan Ramadan dan Idul Fitri sebesar Rp. 887 miliar dan tahun ini kita mempersiapkan uang sebesar Rp 936 miliar atau meningkat 5,5 persen dari tahun lalu,” kata Adriansah saat Kick-off Serambi 2024 di KpW BI Provinsi Maluku, Kota Ambon, Senin (18/3/2024).

Kick-of Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri atau Serambi 2024 yang bertemakan; “Bijak Gunakan Rupiah” ini merupakan kegiatan BI se-Indonesia sebagai bentuk tanggungjawab layanan kepada masyarakat baik, BI maupun perbankan dalam memenuhi kebutuhan uang terutama dalam hari besar keagamaan.

“Program Serambi tahun ini ada tiga pilar yaitu penuhi kebutuhan uang, layanan kas dan edukasi dan komunikasi uang rupiah yang cukup dan juga dalam kondisi layak edar,” jelasnya.

Rawindra Adriansah mengunhkapkan, tahun ini kebutuhan uang di Provinsi Maluku mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Menurut dia, meningkatkannya peredaran uang di masyarakat dikarenakan ada beberapa hal. Yakni, pertumbuhan ekonomi yang semakin stabil, mobilitas masyarakat yang aktif, libur panjang dan THR bagi ASN.

“Pertumbuhan ekonomi di Maluku stabil di atas 5 persen dan terakhir kita berada di angka 5,21 persen. Di atas rata-rata nasional,” ucapnya.

“Kami juga melihat mobilitas dari masyarakat aktif di Maluku, adanya libur panjang pasti kebutuhan akan meningkat dan juga ada THR ASN yang tahun ini lebih lengkap komponennya sehingga THR yang mereka terima lebih besar dari tahun lalu, sehingga kita tetap meningkat 5,5 persen,” sambung Adriansah. [Katie Mailoa]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *