Pendidik: Sulut Butuh Sosok SBAN Liow di DPD RI, Ini Alasannya

Manado, Fajarmanado.com — Komunitas pendidik Sulawesi Utara (Sulut) mengapresiasi Ir. Stefanus BAN Liow, MAP (SBANL) yang mendaftarkan diri kembali sebagai bakal calon Anggota DPD RI periode 2024-2029 Dapil Sulut. 

Sikap dan langkah Stefa Liow, sapaan karib SBANL mendaftar bersamaan dengan moment peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tanggal 2 Mei 2023, dipandang sebagai suatu komitmen kuat untuk mendukung kemajuan pendidikan nasional, termasuk di daerah Nyiur Melambai.

“Kami tahu, setiap berdialog dengan masyarakat, baik melalui reses maupun secara informal, tugas Pak Stefa DPD RI, tidak termasuk bidang pendidikan. Tapi justru ternyata beliau sangat peduli dengan dunia pendidikan,” demikian komentar senada sejumlah pendidik, baik guru maupun dosen kepada Fajarmanado.com dalam sepekan terakhir.

Ditemui dan dihubungi terpisah, mereka juga senada mengungkapkan kebanggaannya karena ternyata mantan Ketua Pria Kaum Bapa (P/KB) Sinode GMIM ini tak lupa asal usulnya. Ayah seorang guru dan sempat berkarir sebagai dosen.

“Sulut butuh sosok perwakilan di pusat yang berkarakter dan berkomitmen kuat mendorong dan ikut berperan aktif mendukung kemajuan pendidikan di daerah seperti Pak Stefa,” kata senada Leo, Deisy, Wempie, Tine, Maritje, Meis, para pensiunan guru ini.

Seperti diketahui, SBAN Liow sah diterima mendaftar sebagai bakal calon Anggota DPD RI periode 2024–2029 di Kantor KPU Sulut, Jalqn Diponegoro Nomor 25 Kota Manado pada Selasa, 2 Mei lalu.

SBANL teregistrasi sebagai satu-satunya bakal calon (Balon) Anggota DPD RI dari Dapil Sulut yang mendaftar ikut Pemilu 14 Februari 2024 pada moment Hadiknas 2023 dan juga sebagai Balon yang mendaftar pertama kali.

“Ini bukti komitmennya pada dunia pendidikan dan sebagai bakal calon DPD RI dari Sulut yang paling siap. Padahal waktu pendaftaran masih panjang. Kabarnya nanti ditutup tanggal 14 Mei mendatang,” tambah Leo, pria 76 tahun ini.

Ir. Stefanus BAN Liow, MAP

Stefanus Berty Arnicotje Nicolaas Liow, MAP, demikian nama lengkap Senator SBANL, melenggang jadi Anggota DPD RI menggantikan Maya Rumantir yang mundur karena mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulut pada Pilkada 9 Desember 2015.

Atas kinerjanya yang pro rakyat,  ia terpilih kembali sebagai Anggota DPD RI pada Pemilu 2020 lalu untuk periode 2020–2024.

Sepanjang karirnya sebagai Senator Indonesia hampir dua periode, SBAN Liow dinilai mampu menunjukkan kelasnya sehingga dipercayakan memegang seabreg jabatan di DPD RI.

Saat ini SBAN Liow didapuk menjadi Ketua Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI, sekaligus menempatkan dirinya sebagai Senator Dapil Sulut pertama yang dipercayakan menduduki posisi jabatan strategis di DPD RI tersebut.

Selain itu, pria familiar ini juga dipercayakan sebagai Ketua Komite II DPD RI yang membidangi pengelolaan sumberdaya alam dan ekonomi lainnya.

Meski begitu, selain aktif memfasilitasi dan memperjuangkan nasib petani dan nelayan, SBAN Liow tak jarang pula “masuk kampus dan sekolah” mensosialisasi empat Pilar MPR RI.

Meski sibuk mengemban sederetan tugas di DPD RI, Stefa Liow tetap konsen di bidang pelayanan. Tak hanya di GMIM, tetapi juga diorganisasi pelayanan lainnya.

Tercatat, SBAN Liow juga mengemban tugas sebagai Dewan Pengawas Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) Provinsi Sulut dan Ketua Bidang Penguatan Wawasan dan Pilar Kebangsaan DPP PIKI.

[heru]