oleh

Minut Kabupaten/Kota Pertama di Sulut Laksanakan e-Katalog Lokal

Airmadidi, Fajarmanado.com — Berbagai terobosan dan inovasi terus dilakukan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung dalam mendorong percepatan pembangunan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara.

Buktinya, saat ini Bupati Joune Ganda mengeluarkan instruksi untuk menggunakan e-katalog lokal. Penerapan katalog elektronik yang telah tayang di etalase Produk Lokal Minut ini merupakan pertama dari semua kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Penerapan e-katalog lokal untuk menindak lanjuti Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi guna menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah.

Baca Juga :  Habisi Anak Kandung, Ibu Muda Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

“Setelah adanya Instruksi Presiden ini, Kabupaten Minahasa Utara telah memanfaatkan e-katalog lokal. Diawali dengan dilaksanakannya sosialisasi dan Bimtek e-katalog lokal bagi para pelaku usaha lokal dan UMKM, dan para PPK Perangkat Daerah pada bulan April yang lalu,” kata Joune Ganda.

Bupati Joune Ganda menjelaskan, saat ini sudah ada transaksi dan realisasi pengadaan barang dan jasa melalui e-katalog lokal, dan untuk meningkatkan jumlah transaksi dan penayangan produk pada etalase e-katalog lokal Kabupaten Minahasa Utara, ia telah mengeluarkan Instruksi Bupati Nomor 11 Tahun 2022 pada tanggal 28 Juni.

Baca Juga :  Diantar Ratusan Pendukung, Oscar Nelwan Resmi Mendaftar Calon Kumtua Tanggari

“Dengan dimanfaatkannya e-katalog lokal di Kabupaten Minahasa Utara ini, merupakan ukuran keberhasilan aksi¬† peningkatan profesionalitas dan modernisasi pengadaan barang dan jasa, yang nantinya dapat meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan memperluas peran serta para pelaku usaha lokal,” jelasnya.

Guna menyukseskan program e-katalog lokal, Bupati Joune Ganda mengajak para pelaku usaha selaku mitra pemerintah dan pilar pembangunan daerah untuk mendukung program tersebut.

Berdasarkan data dari LKPP-RI, untuk Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara, Minahasa Utara adalah yang pertama melaksanakan e-katalog lokal dengan jumlah transaksi per 30 Juni 2022 sebesar Rp. 1.246.850.000,-. (Joel)