oleh

APBD ‘Sakit’ Akibat Refocusing, Inovasi dan Kreatifitas Pemerintah Diuji

Airmadidi,Fajarmanado.com – Refocusing dan realokasi anggaran berdampak pada berbagai sektor, terutama capaian target pembangunan tahun 2021. Imbas dari pandemi Covid-19 mengakibatkan sejumlah anggaran untuk program pembangunan yang telah direcanakan tidak semuanya bisa terealisasi.

Menyikapi kondisi ini, ketua komisi I DPRD Minut Edwin Nelwan mengakui jika postur APBD dimasa pandemi covid 19 ini tidak sehat. Untuk itu inovasi dan kreativitas pemerintah sangat dibutuhkan guna mendongkrak Pendapatan Asli Daerah dengan memanfaatkan sejumlah aset bergerak yang dapat mendulang pundi-pundi rupiah dimasa pandemi ini.

“Dimasa pandemi ini, inovasi dan kreativitas pemerintah diuji. Kita memiliki sejumlah aset dan potensi daerah yang dapat dikembangkan untuk menghasilkan pendapatan untuk daerah, jika ini dioptimalkan pasti dapat memberikan dampak positif bagi PAD.”kata Edwin Nelwan, Kamis (23/9).

Politisi partai Golkar ini mencontohkan, ada sejumlah alat berat yang harganya miliaran rupiah tapi belum dioptimalkan, belum lagi sejumlah aset tidak bergerak yang saat ini masih ada yang terbengkalai, padahal jika dimanfaat dapat memberikan inkam untuk daerah.

“Contohnya ada sejumlah alat berat di dinas PU yang sejatinya bisa menghasilkan PAD. Selain itu lahan untuk pasar Dimembe juga sampai saat ini tidak dimanfaatkan. Untuk itu kita akan menunggu formula seperti apa yang akan dilakukan pemerintah dalam mendongkrat PAD.”pungkasnya.(Joel)

 

News Feed