oleh

DPRD Minut Gelar Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

Airmadidi, Fajarmanado.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Utara menggelar rapat paripurna dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo jelang HUT Kemerdekaan RI ke 76 tahun 2021.

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Denny Kamlon Lolong ini, digelar di ruang Paripurna DPRD dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19 dan peserta terbatas.

Hadir pada acara tersebut Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda, Wakil Bupati Kevin William Lotulung, Sekretaris Daerah Jimmy Kuhu, Forkopimda, serta seluruh pimpinan dan anggota DPRD setempat. Sementara untuk pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti sidang secara virtual.

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya membahas tentang kondisi Indonesia di tengah pandemi dan berbagai upaya pemerintah dalam membangkitkan kembali perekonomian Indonesia. Pembangunan infrastruktur menurut presiden akan terus dilanjutkan guna menyatukan bangsa sekaligus mempermudah akses perekonomian. Pihaknya mengakui jika pandemi telah menghambat pertumbuhan ekonomi, untuk itu pemerintah saat ini akan tetap fokus pada perekonomian masyarakat dan investasi.

“Pandemi memberikan beban yang berat kepada kita, beban yang penuh dengan risiko, dan memaksa kita untuk menghadapi dan mengelolanya. Semua pilar kehidupan kita diuji, semua pilar kekuatan kita diasah,” kata Presiden RI dalam pidatonya, Senin (16/8/2021).

Sementara Bupati Joune Ganda usai mengikuti sidang tahunan mengingatkan kepada masyarakat untuk terus mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif guna percepatan pembangunan daerah.

Ia juga mengakui jika pandemi ini sangat dirasakan pemerintah daerah namun pihaknya optimis berkat dukungan dan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, angka penyebaran covid di Minahasa Utara bisa terus ditekan.

Joune berharap wabah ini akan segera berakhir sehingga masyarakat bisa kembali beraktifitas dan perekonomian akan kembali pulih.

“Apa yang menjadi instruksi dan arahan dari pak presiden akan kami tindak lanjuti, terutama dalam penanganan wabah covid 19 serta strategi untuk memulihkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi dengan berbagai terobosan yang akan dilakukan pemerintah daerah,”terang Joune Ganda.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus menggelorakan semangat persatuan dalam menghadapi pandemi.

“Target tahun ini covid berakhir, ekonomi bisa dikembalikan, Kesehatan pulih, Pendidikan normal dan kabupaten Minahasa Utara akan semakin hebat dan terdepan di bumi nyiur melambai,” pungkasnya.

Pada momentum peringatan HUT RI ke76 ini, ketua DPRD Denny Kamlon Lolong mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan serta meningkatkan semangat gotong royong.

Ia juga mengingatkan agar peringatan yang dilaksanakan setiap tanggal 17 ini bukan hanya kegiatan rutinitas semata, melainkan sebagai bahan renungan atas jasa para pahlawan dan seluruh elemen bangsa yang saat ini sedang berjuang melawan wabah covid 19, khususnya di bumi klabat Minut.

“Dengan semangan kebersamaan dan gotong royong, saya yakin kita bisa melewati ujian wabah covid 19 ini sehingga kedepan kabupaten Minahasa Utara yang kita cintai ini akan semakin maju dan masyarakatnya lebih sejahtera,” tutur Lolong.

(Joel)

News Feed