oleh

Pangdam Jeffry Perintahkan PPKM Pengetatan pada 4 Daerah di Maluku dan Malut

Ambon, Fajarmanado.com – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin mengumpulkan para pejabat utama Kodam, Korem 151/Binaiya, Dandim 1504/Ambon dan Dandim 1503/Tual di Makodam XVI/PTM, Kota Ambon, Jumat (9/7/2021).

Pangdam Jeffry untuk memberikan perintah dan petunjuk pelaksanaan PPKM Pengetatan di empat kabupaten/kota atau daerah di Provinsi Maluku dan Maluku Utara (Malut).

PPKM Pengetatat diperintahkan harus diberlakukan di Kota Ambon dan Kabupaten Aru, Provinsi Maluku serta di Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Malut.

PPKM Pengetatan diberlakukan pada empat daerah ini karena dinilai terjadi lonjakan kasus positif Covid 19 dalam beberapa pekan terakhir.

Pangdam Jeffry memerintahkan Dandim 1501/Ternate dan Dandim 1508/Tobelo di Malut untuk koordinasi dengan pemerintah daerah setempat memberlakukan kondisi PPKM Pengetatan di Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Utara di dalam rangka antisipasi perkembangan kasus positif Covid 19 lebih awal.

Baca Juga :  Lauching RRC Ambon, Wali Kota Richard Temui Kapolda Maluku

“Anggota di lapangan, para Dandim, Danramil dan Babinsa khususnya di empat Kodim tersebut agar membantu pelaksanaan PPKM Pengetatan di wilayahnya,” tandasnya.

“Sedangkan 17 Kabupaten/Kota lainnya di wilayah Maluku dan Maluku Utara juga tetap melaksanakan PPKM Skala Mikro” tambah Pangdam Jeffry.

Pada kesempatan itu, Asops Kasdam XVI/Pattimura, Kolonel Inf Arief Hidayat memaparkan Konsep Operasi pelaksanaan PPKM Pengetatan yang akan diberlakukan di empat wilayah Kodim di jajaran Kodam XVI/Pattimura.

“Harus jelas siapa dan berbuat apa, bagi anggota di lapangan,” katanya.

Pangdam Jeffry kemudian mendorong kabupaten dan kota lainnya di wilayah Maluku dan Malut supaya dapat mengeluarkan instruksi seperti Instruksi Walikota Ambon No. 3 Tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM di Kota Ambon.

Baca Juga :  Operasi Pengamanan Laut, Dangaspurla Koarmada III Lakukan Ini di Samudera Pasifik

Insstruksi diperlukan agar ada kesamaan dalam bertindakan bagi petugas di lapangan, sekaligus ketaatan masyarakat dalam mematuhi ketentuan PPKM di wilayah.

“Besar harapan saya, TNI, Polri, Pemda, dan tokoh Agama, tokoh masyarakat bersinergi di lapangan, dengan demikian mudah-mudahan seluruh wilayah Maluku dan Maluku Utara dapat kembali memasuki zona hijau,” imbuhnya.

Pada akhir pengarahannya, Pangdam Jeffry memberikan informasi bahwa Kodam XVI/Pattimura pada tanggal 16 dan 17 Juli 2021 nanti akan menggelar kembali serbuan vaksinasi massal.

Dalam kegiatan tesebut, Kodam XVI/Pattimura bekerja sama dengan pihak Artha Graha.

“Mari bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksin agar datang segera di Makodam XVI/PTM pada tanggal 16 Juli 2021 dan di Lapangan Merdeka pada tanggal 17 Juli 2021,” ajaknya.

Penulis: Katie Mailoa

 

News Feed