Wenny Lumentut :  Sekretaris Daerah Itu Adalah Motor Penggerak Pemerintahan

Tomohon,fajarmanado.com – Seleksi Terbuka Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon Tahun 2021, dilaksanakan di Kantor Regional XI BKN Manado, jumat (18/6/2021).

Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE dalam sambutannya mengatakan untuk menduduki jabatan pimpinan tinggi, instansi pemerintah harus melakukan promosi jabatan pimpinan tinggi secara terbuka melalui pengisian jabatan yang lowong secara kompetitif dengan didasarkan pada sistem merit.

“Dengan sistem merit tersebut, maka pelaksanaan promosi jabatan didasarkan pada kebijakan dan manajemen ASN yang dilakukan sesuai dengan kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan, integritas, moralitas, sesuai kinerja, adil dan wajar dengan tidak membedakan agama, ras, latar belakang politik, warna kulit, asal usul, jenis kelamin, status perkawinan dan umur, oleh sebab itu, pengembangan karir PNS dilakukan berdasarkan kualifikasi, kompetensi penilaian kinerja dan kebutuhan instansi pemerintah serta dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas,” ungkap WL.

Lanjutnya, jabatan Sekretaris Daerah merupakan jabatan yang strategis karena merupakan motor penggerak utama dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan. Selain itu Sekretaris Daerah mempunyai peranan penting dalam mengawal proses perubahan dengan cara melakukan gerakan reformasi birokrasi.

“Sekretaris Daerah harus melakukan penataan birokrasi dengan mewujudkan pelayanan prima dan akuntabilitas kinerja serta keuangan demi terwujudnya pemerintahan yang berdayaguna, besih dan bertanggung jawab. Tidak ada yang diunggulkan dalam seleksi ini, silakan berkomoetisi dengan baik, silahkan tunjukan kompetisi dgn baik, siapa saja yang menjadi Sekretaris Kota nanti, tentu harus melakukan langka langka awal tentang bagaimna untuk mencapai tujuan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon, dan hal yang penting saat ini berupaya untuk berusaha bersama dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Kota Tomohon,” tuturnya.

Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf mengapresiasi Pemerintah Kota Tomohon yang telah melaksanakan proses kegiatan ini, semoga mnejadi contoh bagi daerah lain.

Ia berharap Pansel dapat bekerja secara objektif, dengan adanya proses ini akan menghasilkan Sekot yang bernar benar berkualitas karena peran Sekot di Pemerintahan Daerah sangat berpengaruh dalam pelaksanaan suatu Pemerintahan suatu daerah.

Untuk diketahui peserta seleksi kali ini yakni

1.Edwin Roring  SE ME,

2.Drs Gerardus E Mogi,

3.Drs Joppie R Kalangi SH,

4.Steven A Waworuntu SSTP,

5.Jusak S T Pandeieot SPd,

6.Drs Florensianus V Karundeng,

7.Ir Nova S Rompas,

8.Novi A H Politon SE MM,

9.Ruddie A Lengkong SSTP,

10.Dr Juliana D Karwur MKes MSi,

11.Drs Octavianus D S Mandagi.

Kaban Kepegawaian Daerah Provinsi Sulut selaku ketua panitia seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kota Tomohon Dr Femmy J Suluh MSi mengapresiasi kepada peserta yang sangat antusias mengikuti proses seleksi ini.

“Berbagai proses tahapan seleksi yang telah dan akan dilalui oleh para calon pimpinan tinggi pratama Kekretaris Daerah Kota Tomohon mulai dari seleksi administrasi, penilaian rekam jejak, seleksi kompetensi (assesment), penyusunan dan presentasi makalah dan wawancara,” kata Suluh.

Tampak hadir Kepala Kantor Regional XI BKN Manado Dedi Herdi SH MSi, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan AP MSi, anggota panitia seleksi Prof Dr Philotheus E A Tuerah MSi DEA, Dr Flora Pricillia Kalalo SH MH, Kakaskasen A Roeroe S Pi MSc.